PERINGATI HARI PRAMUKA DILAPAS BATAM KAKANWIL AJAK GENERASI MUDA JADI PEREKAT NKRI

1

Batam,- ( 14 Agustus 2019 ) Gerakan Pramuka atau kepanduan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya ( Belanda ) Nationale Padvinderij Organisatie ( NPO ) di Bandung. Sedangkan pada tahun yang sama, di Jakarta didirikan ( Belanda ) Jong Indonesische Padvinderij Organistie ( JIPO ). Namun secara resmi Gerakan Pramuka di Indonesia diperkenalkan pada tanggal 14 agustus 1961 melalui apel besar yang diikuti dengan pawai pembangunan dan defile didepan presiden , dalam kegiatan tersebut sesaat sebelum dimulai presiden telah melantik anggota Mapinas ,Kwarnas dan Kwarnis di istana negara serta menyampaikan anugerah tanda penghargaan dan kehormatan berupa Panji Gerakan kepanduan nasional Indonesia yang diterimakan oleh Ketua Kwartir nasional Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Peristiwa ini kemudian abadikan sebagai hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 agustus oleh seluruh jajaran dan anggota pramuka.

Sekelumit sejarah lahirnya pramuka tersebut menjadi peristiwa yang ingin diabadikan pula oleh jajaran pemasyarakatan di lingkungan kanwil Kum Ham Kepri melalui kegiatan Perkemahan Pramuka UPT Pemasyarakatan Se-Kepri di Lapas Kelas II A Batam selama 2 hari ( 13-14 agustus 2019 ) dengan tema " membangun generasi muda yang berkarakter " yang diikuti oleh perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan UPT se-kepri secara resmi hari ini ditutup oleh Kakanwil Kemenkumham Kepri Zaeroji. “Saya berharap dengan adanya kegiatan kepramukaan seperti ini dapat dijadikan sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat dan siap membangun keutuhan NKRI”, ujarnya mengawali sambutan.

Selain perkemahan peringatan hari pramuka ke-58 juga akan dilaksanakan kegiatan bakti masyarakat. “ Dengan Tag-Line pramuka bersih negeri kegiatan Hari Pramuka ke-58 meliputi aksi donor darah, penetapan bulan agustus sebagai bulan bakti pramuka dengan melaksanakan kegiatan bakti diantaranya; pencetusan komitmen gerakan pramuka untuk mengurangi sampah plastik, aksi bersih sampah plastik, aksi bersih pantai, laut, sungai, penghijauan, dan lain-lain ”, tambahnya. Diakhir sambutannya Kakanwil berpesan kepada segenap anggota gerakan pramuka yang hadir untuk terus berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan pramuka. “ Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif. karena saya yakin generasi muda indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang ingatlah selalu hymne pramuka, bahwa pramuka indonesia adalah manusia pancasila. satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia ”, ucapnya.

Peringatan Hari Pramuka ke-58 di lapas Kelas IIA Batam ini dirangkai dengan Acara Peresmian Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (POS YANKOMAS) Lapas Kelas II A Batam dan Pos Bapas Batam oleh Kakanwil , diawali prosesi pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti dengan didampingi oleh Kepala Divisi Pemayarakatan Dedi Handoko serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum Dan Ham Darsyad.

111111111111


Cetak   E-mail