TIM KEMENPAN-RB SAMBANGI RUTAN , TINJAU PELAYANAN PUBLIK DI RUTAN KELAS I TANJUNGPINANG

Tanjungpinang,- Kabag Humas dan Program Kelik Assimitrianto , Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang Fonika Affandi serta para Pejabat Struktural Rumah Tahanan Negara Kelas I Tanjungpinang, sambut kedatangan tim peninjau KemenPAN-RB dalam rangka untuk menilai pelayanan publik dan melihat sarana , prasarana penunjang yang ada di Rumah Tahanan Negara Kelas I Tanjungpinang ( jum’at / 8 november 2019 ) , dimana kedatangan Tim Penilai dari KemenPAN-Rb ini merupakan tahapan akhir penilaian bagi Rumah Tahanan Negara Kelas I Tanjungpinang dalam Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Kedatangan tim penilai juga disambut oleh Petugas Rumah Tahanan Negara Kelas I Tanjungpinang dengan menyanyikan yel-yel penuh semangat sebagai wujud keseriusan seluruh jajaran Rutan Tanjungpinang dalam menghadirkan Rutan Tanjungpinang berprediket Wilayah Bebas dari Korupsi ( WBK ). Canggih Hangga Wicaksono yang merupakan Kasubid Analis Perumusan Kebijakan Akuntabilitas Aparatur langsung meninjau pelayanan publik di Rutan Tanjungpinang diawali dengan melihat secara langsung alur proses layanan kunjungan serta berbagai fasilitas penunjangnya. Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang Fonika Affandi yang mendampingi tim tampak lugas menjelaskan setiap pertanyaan yang diajukan oleh tim penilai baik terkait inovasi layanan publik maupun sarana prasarana yang ada sebagai penunjang standard pelayanan yang telah ditentukan.

Selain melakukan penilaian terhadap layanan kunjungan , tim juga melakukan survey terhadap fasilitas penunjang terutamanya bagi Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ) serta para pembesuk Warga Binaan seperti yang ada di Rutan Tanjungpinang seperti Layanan Self service bagi WBP , Inovasi dalam penerapan Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ) , Layanan Informasi baik bagi WBP maupun masyarakat serta berbagai fasilitas lainnya. Disamping itu tim juga melakukan survey penilaian terhadap pembinaan WBP dengan melihat secara langsung hasil-hasil karya warga binaan.

Terakhir tim penilai menyasar pengelolaan dapur , dalam kesempatan tersebut tim bertanya mengenai bagaimana proses penyajian makanan serta menu apa saja yang disajikan kepada WBP setiap harinya. Dengan kedatangan tim penilai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ini sebagai tahap akhir penilaian Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tentu saja harapan terbesar Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau khususnya Rutan Kelas I Tanjungpinang akan mendapatkan nilai positif sehingga Rutan Kelas I Tanjungpinang dapat memperoleh predikat Satker Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

11111111111111111

Cetak