SIAP BANGUN SATKER WBK , BAPAS CANANGKAN DEKLARASI JANJI KINERJA DAN PENANDATANGANAN PIAGAM PENCANANGAN ZI

Tanjungpinang,- Balai Pemasyarakatan yang selanjutnya disebut BAPAS adalah pranata untuk melaksanakan bimbingan Klien Pemasyarakatan. BAPAS juga mempunyai fungsi sebagai unit pelaksana teknis pemasyarakatan yang melaksanakan tugas dan fungsi penelitian kemasyarakatan, pembimbingan, pengawasan, dan pendampingan.
Beberapa waktu lalu , Unit Pelaksana Teknis baik Pemasyarakatan maupun Keimigrasian di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kepri telah melaksanakan Deklarasi Janji Kinerja Dan Penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM. Tidak Terkecuali bagi Bapas Kelas II Tanjungpinang pada hari ini ( senin / 24 februari 2020 ) juga telah menggelar acara yang sama.

Kasubid Bimbingan dan Pengentasan Anak Elheryanto tampak hadir dalam acara tersebut mewakili Kepala Divisi Pemasyarakatan yang berhalangan hadir. Diawali dengan pembacaan Deklarasi Janji Kinerja yang dipimpin langsung oleh Kepala Bapas Sugeng Sukarja, agenda pokok selanjunya dilaksanakan penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM oleh Kepala Bapas yang disaksikan oleh Kasubid Bimbingan dan Pengentasan Anak Elheryanto, perwakilan Kejari Tanjungpinang Kasi Pidum M.Amriansyah dan Perwakilan Kapolres Tanjungpinang Kabag Ren Kompol Afdal.

Membacakan sambutan Kepala Divisi Pemasyarakatan , Elharyanto menyampaikan bahwa Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanganan ZI menuju WBK/WBBM adalah sebuah langkah awal yang wajib untuk dilaksanakan oleh setiap satker dalam rangka untuk melakukan Reformasi Birokrasi dimana ini juga merupakan suatu dukungan bagi program pemerintah untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan organisasi Kementerian Hukum dan HAM yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan professional dalam mewujudkan good governance dan clean government menuju aparatur Kementerian Hukum dan HAM yang bersih dan bebas dari KKN, meningkatnya pelayanan prima serta meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja , tuturnya.

Ia juga menambahkan setelah Pencanganan ini kemudian akan dilanjutkan dengan pembangunan Zona Integritas meliputi 6 area perubahan dan pelaksanaan survey IPK dan IKM , “ komponen pengungkit yang terdiri dari 6 area perubahan ( program bidang Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan ) dan Komponen Hasil ( survey IPK dan IKM ) nantinya akan dinlai oleh Tim Penilai Internal ( TPI ) “, ungkapnya. Dari penilaian 2 komponen ini akan menentukan apakah satker layak diberikan predikat WBK/WBBM nantinya, ucapnya melanjutkan.

Acara Deklarasi Janji Kinerja dan Penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM ini juga dirangkaikan dengan prosesi pemotongan pita peresmian Yankomas Bapas kelas II Tanjungpinang oleh Kepala Bapas. Tampak hadir mengikuti prosesi peresmian tersebut JFT Ahli Madya Pembimbing Kemasyarakatan Aswem Hasan.

111111111111111


Cetak   E-mail