KAKANWIL RESMIKAN VIHARA CETYA TRI MURNI RUTAN BATAM

Batam,- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Agus Widjaja hari ini ( kamis / 25 juni 2020 ) resmikan Vihara Cetya Tri Murnidi Rutan Kelas IIA Batam. Vihara ini merupakan sarana ibadah bagi Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ) Rutan Kelas IIA Batam yang beragama budha. Kakanwil Agus Widjaja memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak BNI yang telah menyalurkan dana Corporate Social Responsibility ( CSR ) serta pihak Yayasan Vihara Cetya Tri Murni untuk membantu Rutan Batam dalam mendukung pembangunan Vihara ini.

Hal ini disampaikan Kakanwil dalam sambutannya usai menandatangani prasasti peresmian vihara yang masih berada didalam lingkungan Rutan Kelas IIA Batam

Menurutnya pembangunan Vihara ini adalah sebuah bentuk kepedulian tinggi dari pihak BNI dalam upaya mendukung kegiatan pembinaan kerohanian umat budha yang menjadi Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ) di Rutan Batam dengan membangun sarana rumah ibadah.

“ Rasa toleransi, kebersamaan, serta kepedulian, sebagai umat beragama telah ditunjukkan oleh berbagai pihak baik dari jajaran Rutan Batam maupun dari pihak eksternal dengan selesainya pembangunan rumah ibadah ini , tentu saja kita semua berharap dengan diresmikannya vihara ini maka para Warga Binaan ( WBP ) yang beragama budha akan semakin nyaman dalam menjalankan ibadahnya sehingga nantinya setelah menghirup udara bebas tidak akan kembali melakukan tindak pelanggaran hukum karena rumah ibadah merupakan sarana pertobatan bagi para WBP dimana hal-hal positif dalam pembinaan kerohanian akan tercermin dalam berprilaku baik didalam menjalani masa hukuman maupun setelah bebas nantinya “, kata Agus Widjaja.

Dengan telah berdirinya vihara ini maka sekarang Rutan Kelas IIA Batam telah memiliki sarana ibadah yang lengkap dan cukup representative, dimana sebelum berdirinya vihara ini telah ada Masjid dan Gereja sebagai sarana rumah ibadah umat Muslim dan Kristen.

“ Kita patut bersyukur akan hal ini untuk itu mari bersama-sama kita jaga dengan baik semua sarana rumah ibadah ini, jangan sampai kita sia-siakan keberadaannya. Terus tingkatkan keimanan kita dengan mengisi rumah ibadah dan melaksanakan kegiatan keagamaan sesuai dengan ajaran agama kita masing-masing “, pesan Kakanwil.

Tampak hadir pada kegiatan peresmian tersebut Kepala Divisi Administrasi Ajar Anggono, Plh.Kepala Divisi Pemasyarakatan Omo Suratmo, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi kota Batam,Perwakilan Bank BNI, serta Ketua Yayasan Vihara Cetya Tri Murni kota Batam.

Selain peresmian vihara kegiatan ini juga disejalankan dengan peresmian bengkel kegiatan kerja mebeler Rutan Kelas IIA Batam yang digunakan untuk melakukan pembinaan keterampilan yang mana diharapkan nantinya dapat menjadi bekal keterampilan kerja saat warga binaan telah kembali ke dalam kehidupan bermasyarakat.

#KumhamPasti

#KanwilKepri

#Bersatulawancovid19 11111111111111


Cetak   E-mail