RANGKAIAN HARI JADI PEMASYARAKATAN KE-57 , DIRJEN PEMASYARAKATAN REYNHARD SP SILITONGA BUKA KEGIATAN WEBINAR “ PoTEnSi “

Tanjungpinang, Kamis 15 April 2021. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau bersama Balai Pemasyarakatan Kelas II Tanjungpinang mengikuti kegiatan Webinar “ PoTEnSi ” Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan Tanggap, Energik, dan Sinergi Untuk Pemasyarakatan PASTI Maju. 

Hadir secara langsung Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri Husni Thamrin bersama Kepala Divisi Pemasyaratakan Kemenkumham Kepri Dwinastiti, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Darsyad dan Kepala Bapas Kelas II Tanjungpinang Sugeng Sukarja.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Jadi Pemasyarakatan ke 57, dilaksanakan secara virtual dengan diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah dan UPT Pemasyarakatan di Indonesia. Dalam kegiatan ini Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard SP Silitonga, memberikan sambutan dan penguatan sekaligus membuka kegiatan. Beliau memberikan sedikit gambaran mengenai salah satu tugas pemasyarakatan yang berkiatan erat dengan kegiatan webinar tersebut.

 “ Kami melindungi masyarakat dari pengulangan tindak pidana. Salah satu tugas dari lembaga pemasyarakatan adalah pemulihan hidup warga binaan dalam menjalankan kehidupan sosialnya dengan tujuan supaya bisa kembali ke dalam lingkungan masyarakat menjadi warga yang baik’ tuturnya.

Tujuan tersebut merupakan salah satu hal yang mendorong Ditjen Pemasyarakatan untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat dengan membentuk dan mengukuhkan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan ( Kopmas ). “ Pembentukan kelompok masyarakat peduli pemasyarakatan ( Kopmas ) merupakan implementasi kolaborasi tiga pilar dalam penyelenggaraan pemasyarakatan. Selain itu kita mempunyai amanah untuk mensukseskan pembangunan nasional dengan pemberdayaan masyarakat, melalui Kopmas yang telah dibentuk dan dikukuhkan pada tahun 2020 ”, ujarnya.

Pada kegiatan pembukaan webinar PoTEnSi ini juga dilakukan deklarasi komitmen dukungan terhadap Pemasyarakatan oleh anggota Pokmas Lipas Bidang Hukum. “ Besar harapan saya pernyataan ini dapat dituangkan dalam tindakan nyata melalui program-program pemberdayaan yang dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Klien Pemasyarakatan khususnya dan masyarakat pada umumnya,” tutup Reynhard.

Selepas pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan Webinar yang dilaksanakan di Kantor Wilayah masing masing. Sebelum webinar dimulai, Kakanwil Kemenkumham Kepri, berkesempatan untuk menyampaikan sambutan nya. Beliau menyampaikan bahwa dengan adanya Kopmas akan sangat membantu Kanwil Kemenkumham Kepri terutama Divisi Pemasyarakatan dalam pencapaian target kinerja, beliau pun berharap Kerjasama ini dapat tercipta terus menerus hingga memberi manfaat yang nyata. 

“ Kerjasama Kanwil Kemenkumham Kepri melalui Divisi Pemasyarakatan dengan Kopmas, dapat membantu target kinerja kita untuk membina masyarakat yang tengah menjalani asimilasi dan integrasi. Semoga apa yang telah kita lakukan dapat selalu memberikan azas manfaat dalam hal pembinaan dan pengembangan diri sosial warga binaan supaya siap hidup berdampingan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Kakanwil. 

Selanjutnya dalam kegiatan ini diberikan juga bantuan sosial kepada perwakilan dari Kopmas yang secara langsung diberikan oleh Kakanwil dan para Pimti Pratama yang hadir. Kemudian acara dilanjutkan dengan bincang-bincang dan pemaparan materi oleh narasumber yaitu ; Dosen Sosiologi Stisipol Raja Ali Haji Endry Bagus Prastiyo dan Penyuluh Hukum Muda Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri Siska Sukmawaty tentang berbagai hal terkait Pemasyarakatan.

Peserta kegiatan ini berasal dari berbagai bidang pekerjaan / usaha, yayasan serta dari dunia pendidikan antara lain Yayasan Petra Tiana Ministry,Kahfi Motivator School Kepri, Panglima Tanjak, PT.Putra Tidar Perkasa, Yayasan Inayah Batam, RPSA Bunga Rmpai, Bengkel APB Service, Es Kristal HAsanah, Kedai Kopi Poto coffe & Milkshake, Studio Kreatif White doors serta Mahasiswa / Mahasisiwi Stisipol Raja Haji.

#KumhamPasti

#KanwilKepri

FB IMG 1618542820338FB IMG 1618542820338FB IMG 1618542820338FB IMG 1618542820338FB IMG 1618542820338FB IMG 1618542820338FB IMG 1618542820338FB IMG 1618542820338FB IMG 1618542820338FB IMG 1618542820338FB IMG 1618542820338


Cetak   E-mail