PELANTIKAN MPWN DI GRAND HYAT NUSA DUA BALI, KAKANWIL MINTA ANGGOTA MPWN DAPAT LAKSANAKAN TUGAS DAN FUNGSINYA DENGAN BAIK

Bali-, Kamis 10 Juni 2021. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Husni Thamrin menghadiri secara langsung kegiatan Rapat Koordinasi Penguatan Pembinaan dan Pengawasan terhadap Jabatan Notaris serta Pelantikan Majelis Pengawas Wilayah Notaris ( MPWN ) Periode Tahun 2021-2024 dan Pergantian Antar Waktu Majelis Kehormatan Notaris Wilayah ( PAW MKNW ) Periode Tahun 2019-2022. di Grand Hyatt Nusa Dua Bali. 

Rakor tersebut dibuka oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum yang diwakili oleh Direktur Perdata Santun Maspari Siregar. Dalam sambutan nya beliau menyampaikan tujuan diadakannya Rakor tersebut. 

“Kegiatan ini diadakan sebagai wujud dalam melakukan sinkronisasi dan konsolidasi terhadap pelaksanaan tugas dan Fungsi MPWN dan MKNW sebagai respon dari perkembangan hukum dan masyarakat, salah satunya dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 17 Tahun 2021 tentang Tugas dan Fungsi, Syarat Dan Tata Cara Pengangkatan Dan Pemberhentian , Struktur Organisasi , Tata Kerja, dan Anggaran.” Ujarnya.

Selanjutnya beliau pun menambahkan bagaimana dimasa pandemic covid-19 seluruh elemen dalam masyarakat terpengaruh termasuk dalam hal regulasi ekonomi yang berhubungan dengan kenotariatan.

 “ Dalam hal ini notaris sebagai pejabat pembuat akta otentik berperan penting dalam memberikan kepastian hukum terhadap investasi dan aktivitas ekonomi masyarakat sebagai energi besar pembangunan nasional, lalu bahwa Presiden sangat mendorong adanya percepatan pertumbuhan ekonomi melalui penyederhanaan regulasi dan peningkatan peringkat Ease of Doing Bussiness, ditambah dengan adanya Pandemi Covid-19, saatnya Indonesia bangkit dari keterpurukan ekonomi.” ungkapnya.

Untuk optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan anggota MPWN dan PAW MKNW oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Cahyo Rahadian Muzhar, S.H., LL.M. Dalam amanatnya beliau menyampaikan harapan terkait dengan peran dari MPWN dan MKNW. 

“ Peran strategis MPWN dan MKNW sangat diharapkan untuk melakukan pengetatan pembinaan dan pengawasan terhadap notaris untuk menghindari adanya ketidakpastian hukum dalam pelaksanaan jabatan notaris” tuturnya.

Pada Rakor tersebut Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau Husni Thamrin turut dilantik sebagai anggota MPWN periode 2021-2024 dan PAW MKNW periode 2019-2022. 

Pelantikan juga dilakukan terhadap anggota MPWN periode 2021-2024 wilayah Kepulauan Riau baik yang hadir langsung maupun secara virtual yaitu ; Darsyad ( Kanwil Kemenkumham Kepri, Raja Heri Mokhrizal ( unsur Pemda ), Unsur Akademisi antara lain ; Oksep Adhyanto, Florianus Yudi Priyo Ambodo, Winsherly Than, dan dari unsur Notaris yaitu ; Zulkainen, Juli Christie,dan Firman.

Dalam kesempatan tersebut Kakanwil Husni Thamrin menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Majelis Pengawas Wilayah Notaris ( MPWN ) Periode 2021-2024 beliau berpesan agar notaris dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. 

“ Saya berharap setelah ini notaris ini dapat tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat luas, dan untuk anggota MPWN agar kiranya mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik terutama di bidang pengawasan dan pembinaan terhadap para notaris” pungkasnya.  

Kegiatan Rakor kali ini diisi oleh narasumber yang berasal dari berbagai stakeholder yang terkait diataranya Ditjen AHU, MPPN, MKNW, PPATK, Polri, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, dan lain-lain. Semua stakeholder menyampaikan berbagai sudut pandang paparan masing – masing instansi tersebut.

#KumhamLebihPasti

#KanwilKepri

FB IMG 1623376380443FB IMG 1623376380443FB IMG 1623376380443FB IMG 1623376380443

 


Cetak   E-mail