VAKSINASI COVID-19, WARGA BINAAN LAPAS TANJUNGPINANG SAMBUT DENGAN ANTUSIAS

Bintan-,  Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang hari ini selasa, 6 juli 2021 menyelenggarakan kegiatan vaksinasi covid-19 yang diikuti oleh 365 orang warga binaan. Selain merujuk kepada Surat Perintah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Nomor: PAS.UM.01.01-42 tanggal 16 Juni 2021 tentang koordinasi untuk akses Vaksinasi Covid-19 bagi Petugas Pemasyarakatan, Tahanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kepada Pemda setempat. Kegiatan vaksinasi ini juga dalam upaya mendukung program pemerintah memutus rantai penyebaran covid-19 yang belakangan ini semakin mengkhawatirkan semua pihak.

Bekerja sama dengan Polres Bintan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dan Puskesmas Kawal, kegiatan vaksin kali ini disejalankan dengan Peringatan HUT Polri ke-75 tahun 2021 dimana memiliki tujuan untuk mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju.

Hadir secara langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kepri Dwinastiti  didampingi Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan Rehab, Lola Basan Baran dan Keamanan Omo Suratmo. Kadivpas dalam kunjungan nya memberikan apresiasi kepada Lapas Kelas IIA Tanjungpinang dengan diadakannya kegiatan vaksin.

“ Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Lapas Kelas IIA Tanjungpinang atas suksesnya penyelenggaraan vaksinasi ini dan tentu saja ucapan terima kasih  yang tak terhingga kepada seluruh pihak  terkait khususnya Polres Bintan, Dinkes Bintan serta Puskesmas Kawal yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini yang mana hal tersebut merupakan langkah kongkret dalam upaya pencegahan penyebaran virus covid-19” ujarnya.

Beliau pun berharap dengan diadakannya vaksin ini dapat meningkatkan imunitas seluruh warga binaan yang ada di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang.

“ Selepas diadakannya vaksin bukan berarti diri kita kebal terhadap virus covid-19, namun dengan adanya vaksinasi ini diharapkan akan ada herd imunity yaitu kekebalan kelompok yaitu suatu bentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi, baik infeksi sebelumnya, sehingga individu yang tidak kebal ikut terlindungi “, jelas Dwinastiti.

Selanjutnya di wawancarai secara terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Husni Thamrin berpesan agar protokol kesehatan tetap diterapkan dengan maksimal, meskipun sudah mendapatkan vaksinasi.

“ Vaksin merupakan ikhtiar kita sebagai seorang manusia, namun perjuangan belum berakhir, untuk itu saya minta kepada warga binaan maupun petugas Lapas tetap wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Jangan sampai karena sudah di vaksin menjadi abai. Saya berharap kita selalu diberikan kesehatan di masa pandemic covid-19 sekarang ini.” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri pula secara langsung oleh Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono, Camat Gunung Kijang Arief Sumarsono, beserta petugas medis yang merupakan perwakilan dari Puskesmas Kawal dan juga tim dari gugus tugas covid-19 Kabupaten Bintan.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas IIA Tanjupinang Wahyu Hidayat, menyampaikan bahwa kegiatan vaksin ini merupakan bentuk nyata dari dukungan terhadap program pemerintah dalam pencegahan penyeberan covid-19. “ Kami Keluarga Besar Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Mendukung Program Percepatan Penanganan Covid-19 dengan melaksanakan Vaksin. Hal ini merupakan tanggungjawab kita bersama, upaya ini akan terlaksana dengan baik apabila semua Orang bisa bekerjasama didalamnya. Kepada Warga Binaan yang mengikuti kegiatan Vaksin ini dengan baik, saya ucapkan terimakasih atas partisipasi dan antusiasnya. Semoga kita selalu diberikan kesehatan.” Ungkapnya.

Kegiatan Vaksinasi ini dilaksanakan 1 (satu) Hari di Ruang Kunjungan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang, tentunya dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak. Ruang Pelaksanaan Vaksinasi juga dilengkapi dengan Sarana prasarana penunjang yang meliputi Sarung Tangan dan Handsanitizer.

#KumhamLebihPasti
#KanwilKepri

FB IMG 1625573187820FB IMG 1625573187820FB IMG 1625573187820FB IMG 1625573187820FB IMG 1625573187820FB IMG 1625573187820FB IMG 1625573187820FB IMG 1625573187820

Cetak