MONITORING DAN EVALUASI KE RUTAN DAN KANIM TANJUNG BALAI KARIMUN, KADIVMIN MOTIVASI KEDUA SATKER UNTUK RAIH PREDIKAT WBK/WBBM TAHUN YANG AKAN DATANG

Tanjung Balai Karimun,- Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri Ramelan Suprihadi didampingi Kepala Bagian Program dan Humas Kelik Assimitrianto dan Kepala Sub.Bagian Program dan Pelaporan Pratiwi Rahayu laksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi ( monev ) ke Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanjung Balai Karimun ( TBK ) dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun ( jumat / 6-8-2021 ). 

Kegiatan monev ini dimaksudkan untuk mengecek kelengkapan administratif dan fasilitatif yang ada di Rutan Tanjung Balai dan Kanim Tanjung Balai. Dalam kesempatan tersebut rombongan memantau secara langsung sarana dan prasarana yang ada di kedua Unit Pelaksana Teknis ( UPT ) terutama terkait dengan pelayanan kepada masyarakat. 

Selain itu dalam kegiatan monev ini dilakukan juga pengecekan hal – hal administratif seperti capaian target kinerja, Laporan SPIP, Laporan Kinerja per triwulan, sampai dengan penyerapan anggaran. 

Kadivmin juga memberikan arahan kepada jajaran Kanim Tanjung Balai Karimun dan Rutan Kelas II B Tanjung Balai Karimun di aula masing-masing. Hadir pula dalam pengarahan tersebut Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun Lutfi dan Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanjung Balai Karimun Dody Naksabani 

Dalam arahannya beliau menyampaikan beberapa point antara lain terkait predikat Wilayah Bebas dari Korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ( WBBM ), Peningkatan Kinerja, Penyerapan Anggaran, serta Kedisiplinan pegawai. 

Mengenai predikat WBK / WBBM Kadivmin berharap baik jajaran Kanim TBK maupun Rutan TBK agar tetap bersemangat dalam meraih predikat ini. 

“ Meskipun saat ini, kita belum berhasil meraih predikat WBK maupun WBBM namun kita harus yakin kita akan mampu meraihnya nanti. Yang paling terpenting adalah melayani dengan hati, indikasi ini dapat kita lihat apabila masyarakat keluar dari kantor kita dengan tersenyum/ tidak menggerutu dapat dipastikan kita telah memberikan pelayanan yang terbaik dan itu tandanya kita telah masuk ke dalam zona integritas “ ,sebut Kadivmin. 

Menurutnya pembangunan zona integritas bukan hanya sekedar memperoleh predikat WBK/WBBM tetapi lebih kepada pelayanan prima yang kita berikan kepada masyarakat maupun stake holder lainnya, “ nantinya masyarakat yang akan memberikan penilaian terhadap kinerja kita baik atau buruk dan perlu juga dipahami pentingnya perubahan pola perilaku dan mindset dalam budaya kerja untuk menjadi lebih baik lagi bagi seluruh ASN Kemenkumham “, katanya. 

Selanjutnya dalam hal peningkatan kinerja, kadivmin berharap agar dapat di lakukan secara optimal demi mencapai tujuan organisasi. 

“ Peningkatan kinerja sebuah organisasi dapat dilaksanakan dengan meningkatkan kapasitas SDM yang ada melalui pembelajaran baik secara mandiri maupun melalui berbagai diklat “ , ujarnya. 

Berbicara kedisiplinan pegawai dirinya mengingatkan agar setiap pegawai dapat bekerja dengan baik serta mengikuti semua aturan yang telah di tetapkan. 

“ Standard Operasional Prosedure ( SOP ) yang ada baik di Rutan maupun di Kanim adalah sebuah hal yang wajib untuk dipatuhi dan dilaksanakan, saat ini bukan zamannya lagi melakukan pelanggaran SOP apalagi terkait hal hal yang berbau pungutan liar ( pungli ) karena ini tidak hanya berimplikasi pada individu pelaku pungli namun akan berdampak pula pada organisasi yang menaunginya “, ungkap Ramelan. 

Selain itu ia juga meminta agar seluruh pegawai melakukan pengisian jurnal harian dalam aplikasi SIMPEG setiap harinya , “ kedisplinan pegawai dalam pengisian jurnal harian setiap hari adalah hal yang penting untuk di laksanakan, karena melalui jurnal harian ini akan di nilai apa saja pekerjaan kita setiap hari yang nantinya akan berpengaruh pada tunjangan kinerja ( tunkir ) yang kita peroleh pada tiap bulannya“, pesannya. 

Berkaitan dengan penyerapan anggaran secara khusus Kadivmin meminta untuk segera dilakukan langkah dan upaya percepatan penyerapan anggaran, “ sebagaimana pesan Kakanwil pada saat apel virtual kemarin agar satker segera melakukan langkah-langkah efektif untuk memenuhi target realisasi penyerapan anggaran, dimana ada beberapa satker yang masih berada di bawah batas angka normal, hal ini harus bisa kita cermati bersama sehingga target realisasi serapan anggaran dan capaian kinerja pada bulan september ini dapat kita penuhi “, pungkasnya. 

#KumhamLebihPasti

#KanwilKepri

FB IMG 1628246554304FB IMG 1628246554304FB IMG 1628246554304FB IMG 1628246554304FB IMG 1628246554304FB IMG 1628246554304FB IMG 1628246554304FB IMG 1628246554304FB IMG 1628246554304FB IMG 1628246554304

 

 

Cetak