PANTAU KAMTIB, KAKANWIL LAKUKAN MONITORING DAN PEMBINAAN TUSI DI LAPAS

Tanjungpinang,- Dalam rangka mengantisipasi dan pencegahan dini gangguan keamanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) dan Rumah Tahanan ( Rutan ) . Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Husni Thamrin melakukan kunjungan monitoring dan pengecekan situasi kamtib di Lapas Kelas IIA Batam.

“ Kegiatan ini adalah wujud komitmen Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau dalam upaya mengejawantahkan 3 point yang selalu disampaikan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan agar Pemasyarakatan Maju “, ujar Kakanwil.

3 Point tersebut adalah Deteksi Dini, Sinergi dan Perang Terhadap Narkoba. Terkait dengan hal ini Kakanwil menjelaskan bahwa sebagai petugas lapangan harus mampu melakukan Deteksi Dini setiap permasalahan yang mungkin akan terjadi di Lapas/Rutan, “ layaknya seorang intelijen, setiap petugas Lapas/Rutan diwajibkan untuk mempunyai kemampuan dalam mengumpulkan serta mengolah segala informasi yang ada dilapangan terkait kamtib dan menyiapkan strategi untuk menghadapinya “, bebernya.

Sinergi juga sangat diperlukan untuk mendukung tugas kita dilapangan, sinergi tersebut dapat dilakukan dengan semua pihak baik itu terhadap sesama petugas, sesama instansi , aparat penegak hukum maupun dengan stake holder lainnya sehingga program pembinaan terhadap warga binaan akan dapat berjalan dengan baik, imbuh kakanwil.

Beliau juga mengungkapkan bahwa setiap petugas Lapas/Rutan harus siap untuk dihadapkan dengan berbagai upaya penyelundupan dan peredaran gelap narkoba di Lapas / Rutan.

“ Butuh Integritas dan Komitmen Tinggi dalam Perang Terhadap Narkoba di Lapas / Rutan, jangan sampai nantinya justru petugas yang ikut-ikutan dan tergoda dengan bujuk rayu warga binaan untuk membantu mereka menyelundupkan narkoba ke dalam Lapas/Rutan karena tidak ada ampun bagi petugas yang bermain-main dengan narkoba ini, akan kita tindak melalui jalur hukum dan pemecatan “, tegas Kakanwil.

Ditambahkannya, Lapas/ Rutan dapat meminimalisir upaya penyelundupan narkoba dengan rutin melakukan razia, “ kegiatan razia blok hunian wajib dilaksanakan setiap hari, bila diperlukan dapat bekerjasama dengan aparat penegak hukum / TNI “ , ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil juga melakukan pengecekan kedalam dapur umum yang ada di Lapas Batam, beliau mengapresiasi kebersihan dapur dan makanan yang disajikan oleh Lapas kepada warga binaan. 

“ Dapur umum Lapas Batam tertata dengan baik dan kondisinya cukup bersih, makanan yang disajikan juga enak, harus diingat makanan juga menjadi faktor agar kondisi aman dan tertib di Lapas/ Rutan tetap terjaga dengan baik. Dengan penyajian dan jenis makanan yang sesuai standard, warga binaan tidak akan komplain dan protes terhadap petugas yang ujung-ujungnya dapat menimbulkan gangguan ketertiban dan keamanan “, tutur kakanwil. 

Beliau juga tak lupa mengajak petugas dan warga binaan untuk tetap menjaga keamanan, ketertiban serta kebersihan didalam Lapas.

“ Tugas utama seorang petugas pemasyarakatan adalah melakukan pembinaan kepada warga binaan jadi saya minta tidak melakukan hal-hal negatif seperti kekerasan serta pungutan-pungutan liar kepada warga binaan dan untuk warga binaan mari kita bersama tetap menjaga kondisi kamtib di dalam Lapas, jangan melakukan tindakan-tindakan melanggar aturan yang ada di Lapas terutama berkaitan dengan penyelundupan Narkoba,HP serta barang terlarang lainnya. Dan tetap menjaga kebersihan lingkungan Lapas demi kesehatan kita bersama “, pungkas kakanwil.

#KumhamLebihPasti

#KanwilKepri

IMG 20210808 WA0003IMG 20210808 WA0003

Cetak