GUBERNUR KEPRI BUKA KEGIATAN TIMPORA TINGKAT PROVINSI, AJAK ANGGOTA TIMPORA SINERGIKAN POTENSI DALAM UPAYA PENANGANAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL

Tanjungpinang-, 16 November 2021. Bertempat di Ballroom Gardenia Lantai 3 Aston Hotel & Convention Centre, Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Provinsi Kepulauan Riau TA. 2021 yang kali ini mengusung tema Peran Tim PORA Tingkat Provinsi Kepulauan Riau dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Hadir secara langsung dalam pembukaan kegiatan ini Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Kepala Divisi Keimigarsian Kanwil Kemenkumham Kepri Friece Sumolang serta dua narasumber yakni Asisten Direktur Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau Dedy Prasetyo dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Buralimar.

Pada kesempatan kali ini Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad berkesempatan untuk membuka kegiatan sekaligus menyampaikan sambutannya. Membuka sambutannya Gubernur Ansar Ahmad mengatakan bahwa Kepulauan Riau yang merupakan daerah perbatasan yang sangat strategis dari segi sumber daya alam maupun perlintasan internasional akan dapat mengundang warga negara asing untuk singgah.

“ Provinsi Kepulauan Riau yang letaknya sangat strategis di lintasan perdagangan internasional dengan sumber daya alam yang melimpah terutama di sektor pariwisata dan kelautan akan menjadi magnet bagi warga negara asing untuk masuk ke wilayah ini. Sehingga tidak dapat disanggah lagi negeri kita ini akan menjadi tujuan keluar masuk orang khususnya warga negara asing, sudah barang tentu kondisi ini akan membawa dampak baik bersifat positif dan juga negatif, sehingga perlu penguatan dan kebersamaan kita dalam tim pengawasan orang asing tingkat provinsi Kepulauan Riau untuk mengantisipasi dampak dampak tersebut sebagaimana yang diamanahkan undang-undang.” Tuturnya.

Gubernur pun mengingatkan bahwa kedepannya akan terjadi peningkatan lalu lintas keluar masuk orang asing ke wilayah Indonesia terutama Kepulauan Riau dengan dibukanya akses yang  memungkinan untuk orang asing dapat melakukan perjalanan memasuki Indonesia.

“ Kita akan segera dihadapkan dengan 2 (dua) situasi, disatu sisi perlintasan orang masuk rawan akan penyebaran covid – 19 namun disisi lain adalah pemulihan ekonomi nasional dimana masuknya orang asing dengan berbagai muatan kepentingan tadi dapat sebagai investor dan lain sebagainya akan membangkitkan ekonomi kita, sehingga dalam rapat tim pengawasan orang asing tingkat provinsi Kepulauan Riau ini, saya menghimbau melalui tugas dan fungsinya juga dapat terus meningkatkan koordinasi dan sinergitas dalam penanganan penyebaran corona virus disease 2019 dan pemulihan ekonomi nasional.” jelasnya.

Terakhir beliau berpesan kepada seluruh jajaran stakeholder agar menyatukan langkah bersama dengan memperkuat sinergitas antar instansi dalam mengantisipasi lalu lintas orang asing yang akan semakin banyak masuk ke Indonesia.

“ Berkenaan dengan hal diatas, dan kemungkinan-kemungkinan kondisi yang akan kita hadapi, mari kita harmonikan gerak dan langkah dalam mewujudkan keamanan dan pengamanan dari berbagai kemungkinan yang terjadi akibat dari perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing di bumi bertuah ini, pada satu sisi adanya perkiraan potensi kerawanan terjadinya pelanggaran maupun kejahatan dan di sisi lain memberikan konstribusi positif buat negeri dan rakyat sebagai perbaikan ekonomi.” Pungkasnya.

Selepas pembukaan oleh Gubernur Kepulauan Riau, kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Provinsi Kepulauan Riau TA 2021 dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab bersama narasumber yang hadir dalam kegiatan. Diharapkan dalam kegiatan ini dapat terjadi komunikasi dan diskusi yang interaktif antar peserta dengan masukan-masukan yang dapat direkomendasikankepada unsur pimpinan sebagai bahan pengambilan kebijakan dari Peran Tim Pora Dalam Masa penanganan penyebaran Corana Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Provinsi Kepulauan Riau TA 2021 mengundang 30 peserta yang terdiri dari 9 Kepala Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian di seluruh Provinsi Kepulauan Riau dan 21 orang dari Instansi pemerintah di lingkungan Provinsi Kepulauan Riau.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKepri
#KemenkumhamRI

IMG 20211116 172355 198IMG 20211116 172355 198IMG 20211116 172355 198

Cetak