MENYONGSONG TERWUJUDNYA ZONA INTEGRITAS WBK/WBBM, KANWIL KEPRI SELENGGARAKAN WORKSHOP PUBLIC SPEAKING DAN TEKNIK JURNALISTIK SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK DI ERA NEW NORMAL

Tanjungpinang-, 18 November 2021. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Mengadakan Kegiatan Workshop Public Speaking dan Teknik Jurnalistik yang Kreatif Serta Interaktif Sebagai Strategi Komunikasi Publik di Era New Normal.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam teknik komunikasi dan jurnalistik, sehingga diharapkan dapat menghadirkan pelayanan publik yang memenuhi standar serta menyusun konten berita yang kreatif dan inovatif. Bertempat di CK Tanjungpinang Hotel & Convention Centre, kegiatan ini dihadiri secara langsung Staf Ahli Gubernur Kepulauan Riau Bidang Ekonomi dan Pengembangan, Eko Sumbaryadi, serta seluruh peserta yang berasal dari berbagai kehumasan dari instansi yang ada di lingkungan Kepulauan Riau yang hadir baik secara langsung maupun virtual.

Dalam pengantar sambutannya, Kadivyankumham menyampaikan pentingnya public speaking dalam kehidupan terutama dalam menjalankan roda organisasi.

" Selama bertahun-tahun, public speaking telah memainkan peran utama baik dalam pendidikan, pemerintahan, hingga bisnis. Kata-kata memiliki kekuatan untuk menginformasikan, membujuk, mendidik, dan bahkan menghibur. Bahkan kata demi kata yang diucapkan oleh pembicara yang tepat, bisa memiliki dampak yang lebih kuat daripada kata-kata yang tertulis di tangan. Memiliki kemampuan public speaking juga dianggap mampu menunjang bahkan meningkatkan karier seseorang." Ujarnya.

Beliau menuturkan bagaimana pentingnya public speaking terutama dalam ranah kehumasan yang pada masa kini menjadi tulang punggung organisasi.

" Dalam suatu organisasi, berbicara mengenai public speaking tentunya akan berkaitan erat dengan kehumasan. Humas atau public relations sebagai garda terdepan organisasi memiliki peran yang sangat strategis. Di samping menciptakan image building yang positif, juga harus mampu menjalin dan membangun hubungan baik dengan berbagai pihak, bukan hanya intern tapi juga ekstern yang jangkauannya lebih luas. Untuk mencapai hal tersebut, seorang public relations dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik terlebih menyangkut keberlangsungan dan tujuan organisasi." Jelasnya

Hal senada juga disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Kepulauan Riau Bidang Ekonomi dan Pengembangan Eko Sumbaryadi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa ilmu yang dishare pada kegiatan ini sangatlah penting.

" Ilmu public speaking ini tidak main main, semua orang bisa berbicara maupun menulis, tapi bagaimana kualitasnya itu yg membedakan. Disini kita diajarkan bagaimana kita diajarkan berbicara secara terarah dengan berbagai macam cara. Juga menulis dengan baik sesuai dengan tata aturan jurnalistik." Ungkapnya.

Beliau pun berharap kegiatan hari ini dapat memberikan manfaat bagi kehumasan khususnya di instansi pemerintah. "Giat ini sangat penting dan bermanfaat terutama bagi teman-teman yang tusinya terkait dengan kehumasan. Mulai dari bagaimana cara berbicara hingga bagaimana cara kita menulis suatu berita. Ilmu yang didapat nantinya akan berperan dalam membangun citra instansi." Pungkasnya.

Dalam kegiatan ini menghadirkan Narasumber Risa Karmida selaku Trainer RKC (Risa Karmida Communication), yang juga berpengalaman sebagai News Reporter Metro TV (2007-2010), Head of Bureau Metro TV Yogyakarta (2010-2013) dan banyak pengalaman presenter lainnya, serta Eko Syam selaku Kepala Divisi Penyiaran dan Berita TV Kepri.

#KumhamSemakinPasti
#KemenkumhamRI
#KepriKanwil

IMG 20211118 180710 915IMG 20211118 180710 915IMG 20211118 180710 915


Cetak   E-mail