HARI BHAKTI IMIGRASI KE-72 , KANIM TANJUNGPINANG LUNCURKAN E-PASPORT DAN INOVASI SIBOLANG

Tanjungpinang-, 27 Januari 2022. Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Ramelan Suprihadi menghadiri kegiatan Syukuran Hari Bhakti Imigrasi Ke-72 yang disejalankan dengan Launching E-Pasport dan Peresmian Inovasi Sibolang milik Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang.

Bertempat di lapangan Kanim Kelas I TPI Tanjungpinang, acara dimulai dengan syukuran yang diadakan secara virtual terpusat yang diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis di wilayah Indonesia. Dalam Kegiatan ini Kanim Kelas I TPI Tanjungpinang berkesempatan langsung berdialog dengan Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej yang diwakili oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kepri Friece Sumolang, Pjs. Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Eko Sumbaryadi serta Kepala Kanim Kelas I Tanjungpinang Khairil Mirza. 

E-pasport  adalah  pasport dengan chip biometrik yang tertanam dalam buku dan merupakan salah satu produk dari Direktorat Jendral Imigrasi yang memiliki data biometrik yang mencakup sidik jari dan bentuk wajah pemilik paspor yang tersimpan dalam chip. Chip tersebut merekam semua data pemegang pasport serta data perlintasan pemegangnya. Data biometrik dalam e-paspor Indonesia tersebut sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) sehingga dipastikan tingkat keamanannya tidak perlu diragukan lagi. Paspor jenis ini telah banyak digunakan dalam paspor berbagai negara, seperti Australia, Amerika Serikat, Malaysia, Inggris, Jepang, Selandia Baru, Swedia, dan beberapa negara lainnya. 

Sedangkan Inovasi Sibolang ( Ambil Pasport Langsung Pulang ) yang turut diresmikan penggunaannya pada hari ini merupakan sebuah inovasi Kanim Kelas I TPI Tanjungpinang yang mempermudah masyarakat untuk mengambil pasport yang sudah selesai tanpa harus masuk kedalam kantor, namun cukup melalui drive thru yang telah disediakan oleh Kanim Tanjungpinang. 

Plt. Kakanwil Kemenkumham Kepri dalam sambutannya pada kegiatan ini, sangat mengapresiasi atas inovasi Kanim Tanjungpinang dalam memberikan pelayanan publik prima kepada masyarakat. 

" Inovasi yang dibuat oleh teman teman Kanim Kelas I TPI Tanjungpinang  yang dibuat berlandaskan pada manfaat pelayanan publik ,  saya berikan apresiasi karena dapat memudahkan masyarakat dalam pembuatan paspor terutama dimasa pandemi seperti saat ini. Namun di sisi lain Pelayanan publik harus terus ditingkatkan, jangan sampai merasa puas, karena publik akan terus meminta lebih dan lebih, tugas kita sebagai pelayanan publik harus mampu mengakomodir itu sebisa mungkin ” , tuturnya. 

Sementara itu Pjs. Sekda Provinsi Kepulauan Riau Lamidi dalam sambutannya , beliau turut memberikan apresiasi kepada jajaran Keimigrasian di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kepri. 

"Kami pemerintah Provinsi Kepri sangat mengapresiasi dan selamat atas peluncuran aplikasi e- passport dan inovasi SiBolang, sebagaimanaa yang kita ketahui aplikasi ini meningkatkan pelayanan publik dan keterbukaan informasi publik melalui digitalisasi " ,Ungkapnya. 

Beliau pun berharap kedepannya layanan digital yang kini semakin diperbaharui wajib dimaksimalkan terutama dimasa pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia, "  semoga kita semua dapat terus melalukan inovasi dalam menata layanan digital untuk mempermudah memberikan manfaat layanan publik yang lebih berkualitas di Kepulauan Riau ", sebutnya. 

Launching E-Passport dan Peresmian Inovasi Sibolang milik Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang secara simbolis dilakukan melalui pemotongan pita dan simulasi Inovasi Simolang yang langsung disaksikan oleh para tamu undangan yang hadir. 

#KumhamSemakinPasti

#KanwilKepri

#KemenkumhamRI

IMG 20220127 153418 502IMG 20220127 153418 502IMG 20220127 153418 502IMG 20220127 153418 502


Cetak   E-mail