KUNJUNGAN KERJA PERDANA KAKANWIL KEPRI KE SATKER DI WILAYAH KOTA BATAM

Batam-, 08 Mei 2022. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Saffar M. Godam melakukan kunjungan kerja ke satuan kerja unit pelaksana teknis Pemasyarakaran dan  Imigrasi yang ada di Kota Batam. 

Kunjungan kerja ini adalah kunjungan pertama beliau usai dilantik menjadi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri beberapa waktu yang lalu. 

Bersama Kepala Divisi Administrasi Agung Rektono Seto dan Kepala Divisi Keimigrasian Morina Harahap, Kakanwil Kemenkumham Kepri mengawali kunjungan nya pada hari Sabtu 07 Mei ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Batam dan Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Batam. 

Dalam kunjungan kali ini beliau memantau langsung kondisi di dalam Lapas Kelas IIA Batam dan Rutan Kelas IIA Batam. 

Beliau dalam kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya menjaga kondisi keamanan dan ketertiban dilingkungan Lapas dan Rutan. 

“ Ini adalah kunjungan pertama saya ke Lapas dan Rutan, dari pantauan di lapangan kondisi sarana dan prasarana  yang ada di lapas maupun rutan cukup baik dan memadai namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seluruh petugas, terutama terkait keamanan dan ketertiban  ( kamtib ) yang harus selalu menjadi prioritas utama “, ujarnya. 

Gangguan kamtib biasanya terjadi disebabkan oleh berbagai hal diantaranya over kapasitas serta masih adanya Halinar   ( handpone, pungutan liar dan narkoba ) di Lapas / Rutan. 

Terkait dengan hal tersebut Kakanwil meminta agar jajaran pemasyarakatan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada warga binaan dengan tetap berpegang teguh pada integritas dan komitmen yang tinggi. 

“ Lakukan upaya upaya pencegahan  beredarnya Handpone dan narkoba dengan melaksanakan razia rutin baik dengan internal maupun pihak terkait ( kepolisian dan TNI ), jangan ada lagi pungutan liar yang dilakukan oleh petugas kepada warga binaan dalam bentuk apapun, pegang teguh komitmen dan integritas sebagai insan pengayoman sehingga citra positif Kemenkumham akan tetap terjaga di mata masyarakat “, imbuhnya. 

Selepas mengunjungi satuan kerja pemasyarakatan, keesokan harinya Kakanwil Kemenkumham Kepri mengunjungi Tempat Pemeriksaan Imigrasi yang ada di wilayah Batam yakni Pelabuhan Harbour Bay Batam dan Pelabuhan Batam Centre Batam. 

Godam meninjau sarana dan prasarana serta kesiapan para petugas imigrasi  dalam melayani kedatangan masyarakat maupun wisatawan dalam dan luar negeri di salah satu pintu masuk Indonesia yang ada di Kota Batam ini. 

“ Pemerintah Indonesia telah membuka jalur transportasi  keluar negeri khususnya ke negara singapura, kesiapan sarana dan prasarana pendukung menjadi hal yang wajib diperhatikan oleh petugas imigrasi. Jangan sampai ada keluhan baik dari masyarakat lokal maupun wisatawan luar negeri terkait pelayanan keimigrasian. Berikan pelayanan sesuai dengan standard pelayanan yang ada, jangan lakukan kesalahan kesalahan yang dapat mengecewakan masyarakat dan membawa citra negatif bagi organisasi “, pesannya. 

Terakhir kunjungan kerja ditutup dengan monitoring langsung ke Balai Pendidikan dan Pelatigan Hukum dan HAM Kepulauan Riau. 

#KumhamSemakinPasti

#KanwilKepri

#KemenkumhamRI

FB IMG 1652009407966FB IMG 1652009407966FB IMG 1652009407966

Cetak