KAKANWIL PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL TAHUN 2022

Tanjungpinang-, 20 Mei 2022. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022.

Bertempat di Lapangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Upacara kali ini dipimpin secara langung oleh Kakanwil Kemenkumham Kepri Saffar Muhammad Godam sebagai Inspektur Upacara. Turut hadir Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Kepri dan seluruh pegawai.

Kakanwil dalam kesempatan ini membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, dimana beliau menjelaskan semangat yang harus dimiliki seluruh jajaran pegawai sesuai dengan tema Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022.

" Tahun ini, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. Pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional." ujarnya.

Beliau pun mengajak bagaimana semangat Boedi Utomo masih relevan dengan keadaan bangsa Indonesia saat ini. " Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa." tuturnya.

Terakhir beliau berpesan bagaimana semangat ini akan terus menular hingga acara Presidensi G20 Indonesia. Semangat terus berjuang memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

"Mengutip ucapan Dr. Sutomo “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga.”

Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!" pungkasnya.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKepri
#Kemenkumham

Harkitnas 2022 1Harkitnas 2022 1Harkitnas 2022 1Harkitnas 2022 1


Cetak   E-mail