PEMBUKAAN RAKOR PELAKSANAAN DAN EVALUASI TARJA KANTOR WILAYAH, DIRJEN AHU : JANGAN SAMPAI DIPANDANG SEBAGAI KONTRIBUTOR GAGALNYA INDONESIA MENJADI ANGGOTA FATF

Bali-, 15 Maret 2023. Bertempat di Hotel Sakala Resort Bali, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum menyelenggaralan kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan dan Evaluasi Target Kinerja Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum di Wilayah Tahun 2023.

Kegiatan kali ini dibuka secara langsung oleh Direktur Jenderal Ditjen AHU Cahyo R. Muzhar, beliau sekaligus membuka kegiatan berkesempatan untuk memberikan arahan. Dalam arahan nya beliau menyampaikan bagaimana pentingnya Indonesia menjadi anggota FATF, sesuai dengan arahan dari Presiden Republik Indonesia.

"Urgensi Indonesia menjadi anggota FATF, Kemenkumham perlu melakulam rencana aksi di bidang benecial ownership dam pengawasan notaris. Kita indonesia yang melaporkan nasional self assesment terhadap permasalahan yang kita anggap rentan adanya tindak pidana pencucian uang kepada FATF hingga kemudian diturunkan nya tim evaluator dari FATF. Jangan sampai dipandang sebagai kontribur gagalnya indonesia menjadi anggota FATF." ujarnya.

Beliau pun menambahkan bagaimana peran Kanwil dalam upaya mendapat keanggotaan FATF.

" Pertama kantor wilayah perlu mendorong pengisian kuisioner prinsip mengenai pengguna jasa (PMPJ) untuk memetakan resiko notaris, Kedua rekapitulasi sanksi yang pernah dijatuhkan oleh MPW dan MPD terhadap notaris, Ketiga mendorong notaris yang belum daftar GO-AML untuk segera mendaftar sebelum akunnya diblokir oleh Ditjen AHU, Keempat melakukam sosialisasi terkait TPPU/TPPT, penerapan PMPJ dan Benificial Ownership." jelasnya.

Beliau pun berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi satu wadah untuk dapat menyamakan persepsi antar Kantor Wilayah dan Ditjen AHU dalam menjalankan Target Kinerja Tahun 2023.

Hadir dalam kegiatan kali ini Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Kepri Hot Silitonga, Kepala Sub Bidang Administrasi Hukum Umum Rorif Desvyati beserta pelaksana Administrasi Hukum Umum dan Kehumasan di Kantor Wilayah.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKemenkumhamKepri
#KemenkumhamRI
#YasonnaLaoly
#KakanwilKemenkumhamKepri
#SaffarMGodam
#KanwilKepriWBK

Rakor AHU 1Rakor AHU 1Rakor AHU 1Rakor AHU 1


Cetak   E-mail