KANWIL KEMENKUMHAM KEPRI LAKSANAKAN FGD PEMBAHASAN DESAIN EVALUASI KEBIJAKAN PERMENKUMHAM NOMOR 12 TAHUN 2021

Tanjungpinang-, Rabu 15 Maret 2023. Bertempat di Ruang Rapat Utama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Sub Bidang Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Hukum dan HAM laksanakan Evaluasi Kebijakan dalam bentuk kegiatan Focus Group Discussion (FGD), Kegiatan FGD ini mengundang narasumber DR. F. Yudhi Priyo Amboro dari Universitas Internasional Batam dan diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah, Sentra Kekayaan Intelektual Perguruan Tinggi dan Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Plh. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Usdianto menyampaikan kegiatan FGD ini dilaksanakan dalam rangka mencari saran dan masukan terhadap isu kebijakan yang akan di evaluasi. Adapun Kebijakan Hukum dan HAM yang akan dievaluasi terkait Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 67 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Merek.

Dikeluarkannya Permenkumham Nomor 12 Tahun 2021 tersebut bertujuan untuk mendukung upaya kemudahan berusaha dan peningkatan ekosistem investasi, diperlukan percepatan waktu proses penyelesaian permohonan merek dan terdapatnya perubahan pada pasal 12, pasal 13, pasal 16 dan penambahan pasal 52A.

Kepala Sub Bidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM Dwi Maya Charlly menyampaikan bahwa Evaluasi Kebijakan merupakan suatu kegiatan untuk melakukan penilaian terhadap suatu kebijakan publik yang telah berjalan dalam kurun waktu tertentu dengan tujuan mengetahui apakah kebijakan berdampak seperti yang diharapkan, menilai bagaimana kebijakan dilaksanakan, menilai bagaimana kebijakan dapat dikembangkan dan menilai dampak dari pelaksanaan kebijakan.

Dari FGD ini diharapkan diperoleh informasi, masukan dan saran sebagai bahan evaluasi dalam menentukan perbaikan formulasi dan implementasi kebijakan di masa mendatang.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKemenkumhamKepri
#KemenkumhamRI
#YasonnaLaoly
#KakanwilKemenkumhamKepri
#SaffarMGodam
#KanwilKepriWBK

FGD Balitbang 1FGD Balitbang 1FGD Balitbang 1

Cetak