1844 NARAPIDANA DI LINGKUNGAN KANWIL KUMHAM KEPRI DAPAT REMISI KHUSUS IDUL FITRI, TERBANYAK LAPAS KELAS II A BATAM

Tanjungpinang,- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau hari ini ( minggu / 24 mei 2020 ) selenggarakan kegiatan upacara pemberian remisi khusus peringatan Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Agus Widjaja.

Dengan tetap memperhatikan penerapan social distancing, kegiatan yang diselenggarakan di aula Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang ini diikuti oleh Kepala Divisi Administrasi Ajar Anggono, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Darsyad , para Kepala Unit Pelaksana Teknis ( Ka.UPT ) pemasyarakatan wilayah Bintan dan Tanjungpinang, serta perwakilan narapidana yang mendapatkan remisi khusus peringatan Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M.

Dalam rangkaian kegiatan upacara pemberian remisi ini, divisi pemasyarakatan Kanwil Kepri melalui Plh. Kepala Divisi Pemasyarakatan Omo Suratmo melaporkan data rekapitulasi remisi khusus peringatan Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M untuk narapidana yang beragama islam.

Total jumlah keseluruhan 1844 orang narapidana di Kepulauan Riau menerima remisi khusus Idul Fitri yang terdiri dari Remisi Khusus I 1840 narapidana ( masih menjalani masa pidana setelah mendapat remisi khusus Idul fitri ) , Remisi Khusus II 4 narapidana ( langsung bebas namun masih menjalani pidana subside karena belum membayar denda ), Remisi Khusus I 6 anak binaan ( masih menjalani sisa pidana setelah mendapat remisi khusus Idul Fitri ). Adapun penerima remisi terbanyak dari data yang dilaporkan adalah Lapas Kelas Kelas IIA Batam dengan jumlah 703 orang narapidana.

Dalam kegiatan tersebut secara simbolis Kakanwil Agus Widjaja menyerahkan remisi khusus peringatan Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M kepada 2 ( dua ) orang perwakilan narapidana Lapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang.

Remisi yang Saudara terima hari ini adalah salah satu hak yang diberikan oleh Negara atas pencapaian yang sudah Saudara lakukan selama menjalani pembinaan di Lapas dan Rutan, hal ini disampaikan oleh Inspektur upacara Agus Widjaja , saat membacakan sambutan Menkumham pada kegiatan pemberian remisi Khusus Hari Raya IduI Fitri tersebut.

Lebih lanjut Menkumham melalui sambutannya berharap Pemberian Remisi Khusus Hari Raya IduI Fitri diharapkan dapat memotivasi narapidana untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari, serta selalu meningkatkan optimisme dalam menjalani pidana hilang kemerdekaan yang sedang dijalani.

Dilain hal Menkumham mengatakan melalui kebijakan pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integrasi tercatat hingga 20 mei 2020 sudah ada 39 ribu Warga Binaan yang telah melaksanakan program tersebut , “ pada pertengahan bulan Maret, saya memberikan perintah kepada Direktur Jenderal Pemasyarakatan dan jajaran untuk segera mengambil langkah-langkah dan meningkatkan kewaspadaan dalam menangani wabah COVID-19 ini , beberapa upaya sudah dilaksanakan diantaranya penundaan penerimaan tahanan baru, penundaan kegiatan layanan kunjungan, serta pelakasanan sidang melalui Video Conference serta pelaksanaan program pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integrasi. “, ungkapnya.

Setelah gelaran kegiatan upacara pemberian remisi selesai, Kakanwil bersama Pimti Pratama melakukan pemantauan situasi dan kondisi kamtib didalam blok hunian Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang. Beliau juga dengan ramah menyapa para narapidana didalam blok hunian dengan ucapan “ Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri Raya Idul Fitri Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin “ , kepada yang merayakan kemenangan dihari yang suci ini.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Rupbasan Tanjungpinang guna memantau kondisi Rupbasan saat ini yang mana cukup banyak menampung barang-barang bukti sitaan dari kepolisan maupun kejaksaan.

#KumHamPasti

#KanwilKepri

#BersatulawanCovid-19 11111111111111


Cetak   E-mail