KUNJUNGAN KERJA KEPALA BPSDM, ASEP KURNIA KE KANIM BATAM, “ CORPORATE UNIVERSITY ADALAH KEHARUSAN “.

Corporate university adalah sebuah strategi manajemen organisasi yang didesain untuk mendukung organisasi dalam mencapai tujuan strategisnya melalui pelaksanaan aktivitas yang menempa pembelajaran dan pengetahuan individual dan institusional. Melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM (BPSDM), Kemenkumham telah berkomitmen untuk mengimplementasikan strategi corporate university di lingkungan internal kementerian.

Berbicara mengenai Corporate University ini , hari ini ( senin / 27 juli 2020 ) Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM (BPSDM) Asep Kurnia hadir langsung di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam untuk menyampaikan arahan dalam rangka penjajakan rencana pengusulan Unit Pelaksana Teknis Imigrasi di lingkungan kanwil Kemenkumham Kepri sebagai laboratorium pengembangan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian dan Kemenkumham corporate university.

Kemenkumham Corporate University (Corpu) merupakan suatu strategi atau alat dalam suatu manajemen untuk mendukung kinerja Kemenkumham melalui sistem pembelajaran, hal ini disampaikan oleh Asep Kurnia saat beri arahan kepada para Pimpinnan Tinggi Pratama, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Imigrasi dan Pemasyarakatan dilingkungan kanwil Kemenkumham Kepri beserta para pejabat dibawahnya diaula Kanim Kelas I Khusus Batam.

Dalam penjelasannya ia mengatakan bahwa, beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal 18 november 2019 Kementerian Hukum dan HAM RI telah melaunching Corporate University (Kemenkumham Corpu) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dengan peningkatan kualitas pendidikan dan manajemen talenta sesuai dengan Visi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“ Sebagaimana salah satu arahan strategis Presiden Joko Widodo, yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 -2024 yakni Mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung oleh SDM berkualitas dan berdaya saing “, imbuhnya.

Dengan telah dibentuknya Corporate University ( Kemenkumham Corpu ) tentunya pegawai akan lebih terarah dalam proses pengembangan kompetensi karena dengan strategi Corpu banyak pilihan model pembelajaran yang tidak hanya berdampak pada kuantitas namun lebih kepada kualitas yang dapat meningkatkan kinerja organisasi Kemenkumham, ujarnya menambahkan.

Beliau juga menyampaikan kedepannya BPSDM akan membangun “learning centre” berupa portal ( web yang menyediakan tautan ) “ Rumah Belajar Kumham ” yang dapat diakses kapan saja, dimana saja dan oleh device apa saja.

Ini adalah salah satu upaya dalam pengelolaan proses pengetahuan dalam corporate university Kemenkumham, bebernya.

Terakhir Asep Kurnia berharap meskipun saat ini pandemi covid-19 masih belum selesai namun jangan pula menjadikan kita lupa akan Kemenkumham Corpu , “ dalam keadaan tatanan normal baru seperti saat ini, sudah saatnya mulai mengingkatkan kinerja melalui sistem pembelajaran secara terintegrasi karena Kemenkumham Corpu itu adalah suatu keharusan “ , pesannya.

Usai arahan dari Kepala BPSDM, selanjutnya diberi kesempatan kepada para peserta untuk sesi tanya jawab yang di moderatori langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Kepri Agus Widjaja.

#KumhamPasti

#KanwilKepri

11111111111111


Cetak   E-mail