KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA KEPULAUAN RIAU MENERIMA KONSULTASI BAPEMPERDA DPRD DAN BAGIAN HUKUM KABUPATEN NATUNA TERKAIT HARMONISASI PRODUK HUKUM DAERAH

Selasa, 09 Februari 2021, bertempat di ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Riau, Usdianto selaku Kepala Bidang Hukum didampingi oleh Plh. Kasubbid Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah Eryk Sembadha, dan Tim Perancang Peraturan Perundang-undangan menerima konsultasi Badan Pembentukan Produk Hukum Daerah (Bapemperdaa) DPRD Kabupaten Natuna dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna terkait Pengharmonisasian rancangan peraturan daerah yang selama ini sudah terjalin antara Pemda Natuna dan Kanwil Kemenkumham Kepri. 

Mengawali sambutannya, Usdianto menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna atas kerjasama yang cukup intensif dalam pembentukan produk hukum daerah sepanjang beberapa tahun terakhir. Khususnya dalam pengharmonisasian ranperda. " Saya apresiasi bagaimana kerjasama dan sinergitas yang terjalin selama ini, semoga kedepannya bisa tetap terjaga, tentu dalam hal pengharmonisasian ini" ujarnya.

Selanjutnya Bapak Ery Marka selaku Ketua Bapemperda menyampaikan bahwa ini merupakan kunjungan pertama ke Kanwil Kemenkumham Kepri, mengingat bahwa pembentukan produk hukum daerah juga bagian dari fungsi legislasi. Sehingga ke depannya, DPRD berencana mengadakan bimbingan teknis yang melibatkan Kanwil Kumham selaku narasumber.

Dalam pertemuan singkat ini, Kepala Bidang Hukum dan Tim Perancang Perundang-undangan juga menjelaskan mekanisme dan standar opersional prosedur pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan konsepsi ranperda yang selama ini telah dilaksanakan. 

Melalui kunjungan ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara DPRD Kabupaten Natuna dan Kanwil Kemenkumham Kepri melalui suatu memorandum of understanding (MoU) dalam seluruh tahapan pembentukan produk hukum daerah, khususnya yang berasal dari inisiatif DPRD.

#KumhamPasti

#KanwilKepri

IMG 20210209 150700 104

IMG 20210209 150700 158

IMG 20210209 150700 164

IMG 20210209 150700 168

 


Cetak   E-mail