KANWIL KEMENKUMHAM KEPRI DEKLARASIKAN JANJI KINERJA DAN PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZI MENUJU WBK/WBBM TAHUN 2021

Tanjungpinang,- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Deklarasi Janji Kinerja dan Penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ( WBBM ) Tahun 2021 di lapangan upacara kantor wilayah, Selasa ( 16/02 ).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Husni Thamrin ini dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Hari Setiyono, Asisten II Provinsi Kepulauan Riau Samsul Bahrum, Kepala Ombudsman Perwakilan Kepri Lagat Parroha Patar Siadari, Perwakilan Kapolda Kepri Kabid Kum Kombes Pol. Djoko Trisula serta Perwakilan Korem 033/ Wirapratama Dandenzibang Letkol CZI Bagus.

Dalam sambutannya Kakanwil mengatakan Deklarasi Janji Kinerja dan Penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas menuju WBK / WBBM yang telah kita laksanakan tadi merupakan wujud komitmen jajaran Kementerian Hukum dan HAM di wilayah Kepulauan Riau dalam salah satu isi Janji Kinerja yaitu ; untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul melalui implementasi Kemenkumham dan Corporate University sebagaimana yang juga tertuang didalam dalam penjabaran Nawa Cita butir ke-8 yaitu pengelolaan pemerintahan yang bersih efektif dan terpercaya.

 “ Kita harus berupaya bersama, bahu membahu untuk mewujudkan satker berpredikat WBK/WBBM dilingkungan kantor wilayah yang mana kegiatan ini jangan hanya menjadi ceremonial belaka, namun jadikan ini sebagai momentum untuk mengubah mindset kita sebagai pelayan masyarakat dengan melakukan inovasi-inovasi pelayanan dengan mengedepankan tata nilai Kemenkumham PASTI ( Profesional, Akuntable, Sinergi, Transparan dan Inovatif ) “ , ujarnya.

Terkait dengan satker berpredikat WBK/WBBM, Kantor Wilayah Kepulauan Riau bersama 15 satker dilingkungan kantor wilayah pada tahun 2020 lalu telah berhasil lolos hingga penilaian akhir oleh KemenPAN-RB sebagai calon satker berpredikat WBK/WBBM, namun hanya 1 satker yang berhasil mendapatkan predikat WBK yaitu Rutan Tanjung Balai Karimun. 

“ Ini menunjukkan bahwa kantor wilayah dan satker-satker dibawahnya harus berupaya lebih maksimal lagi untuk meraih predikat tersebut, melalui kegiatan hari ini yang disaksikan langsung oleh Kajati Kepri, Kepala Ombudsman Perwakilan Kepri serta Forkopimda tentu saja penandatanganan deklarasi janji dan komitmen bersama akan menjadi langkah awal untuk kita mewujudkan hal tersebut “, katanya.

Selain itu Kakanwil menekankan ada 3 hal yang harus dilakukan oleh seluruh jajarannya agar mampu raih predikat WBK/WBBM yaitu; Komitmen dalam Melakukan Reformasi Birokrasi, Menghilangkan KKN, dan Meningkatkan Pelayanan Publik.

“ Dalam melakukan reformasi birokrasi baik pada tingkat kantor wilayah maupun pada tingkat satker pada tahun lalu telah banyak melakukan perubahan-perubahan serta inovasi-inovasi khususnya dibidang pelayanan publik sehingga harapan kita bersama dengan memberikan pelayanan maksimal yang out come nya adalah kenyamanan dan kemanfaatan yang telah banyak dirasakan oleh masyarakat, maka nantinya penilaian staker berpredikat WBK/WBBM oleh tim penilai tentunya akan semakin baik pula dan pada akhirnya tujuan meraih predikat WBK/WBBM akan mampu kita raih “, tuturnya.

Sementara itu Asisten II Provinsi Kepri Samsul Bahrum dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada kantor wilayah yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, “ acara ini sangat penting sekali dalam rangka membangun integritas kita kepada negara, loyalitas kita pada pemerintah untuk melaksanakan tugas kita dalam rangka meningkatkan pelayanan publik , dimana jajaran Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau memiliki peranan yang sangat penting sekali dalam rangka membangun image negara kita sebagai publik service obligation di garis terdepan yang mana tentunya menjadi kewajiban bagi kita untuk membangun pakta integritas dan memperkuat loyalitas kita kepada negara dan pemerintah sesuai dengan tugas kita masing-masing “. ucapnya.

Sebelumnya dalam agenda kegiatan tersebut, kakanwil secara langsung memimpin pembacaan Janji Kinerja yang diikuti oleh seluruh Ka.UPT di lingkungan Kantor Wilayah dan dilakukan pula penandatanganan Janji Kinerja serta Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ( WBBM ) oleh Kakanwil, Para Pimti Pratama serta para Ka.UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi yang mana Kajati dan Kepala Perwakilan Ombudsman Kepri juga turut menandatangani sebagai saksi.

Kegiatan ini juga disejalankan dengan pemberian penghargaan kepada Rutan Kelas IIB Tanjung Balai Karimun atas prestasinya meraih satker berpredikat WBK pada tahun 2020 yang diserahkan langsung oleh Asisten II Provinsi Kepri Samsul Bahrum.

#KumhamPasti

#KanwilKepri

FB IMG 1613456872317FB IMG 1613456872317FB IMG 1613456872317FB IMG 1613456872317FB IMG 1613456872317FB IMG 1613456872317FB IMG 1613456872317FB IMG 1613456872317FB IMG 1613456872317FB IMG 1613456872317FB IMG 1613456872317FB IMG 1613456872317FB IMG 1613456872317


Cetak   E-mail