BERI SAMBUTAN PADA DEKLARASI JANJI KINERJA DAN PENANDATANGANAN KOMITMEN BERSAMA, KAKANWIL DORONG SATKER PEMASYARAKATAN DAN IMIGRASI RAIH PREDIKAT WBK/WBBM

Bintan,- Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ( WBBM ) Satuan Kerja ( satker ) Pemasyarakatan dan Imigrasi di lingkungan Kantor Wilayah ( Tanjungpinang dan Bintan ) hari ini ( 22/02 ) di gelar di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang.

Kepala Kantor Wilayah Husni Thamrin, turut hadir dan menyaksikan langsung kegiatan tersebut bersama unsur Forkopimda antara lain Asisten II Pemko Tanjungpinang, Perwakilan dari DPRD Tanjung Pinang, Perwakilan Kepolisian Resort Bintan, Perwakilan Kepolisian Resort Tanjung Pinang, Perwakilan Kejaksaan Negeri Bintan, Perwakilan Kejaksaan Negeri Tanjung Pinang, dan Perwakilan dari Kodim 0316 Bintan. 

Acara diawali dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK / WBBM antara seluruh Kepala Unit Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi wilayah Tanjungpinang dan Bintan antara lain Kepala Rumah Detensi Imigrasi Pusat Tanjungpinang, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas I Tanjungpinang, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Uban, Kepala Rupbasan Kelas II Tanjungpinang dan Kepala Bapas Kelas II Tanjungpinang dengan para saksi yaitu dari Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang Admiral, Asisten Perwakilan Ombudsman Kepri Arif Budiman dan Perwakilan Kejaksaan Negeri Bintan Kasi Intelijen Mustafa.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas antara Ka.UPT dengan Kepala Kantor Wilayah Husni Thamrin. Selain itu, acara juga disejalankan dengan Penandatanganan MOU antara Lapas Tanjungpinang dengan Polres Bintan dan Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang dengan BNNK Tanjungpinang terkait dengan Optimalisasi Tugas dan Fungsi Pengamanan Pada Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang dan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang. Sedangkan Deklarasi Janji Kinerja dibacakan oleh Kepala Rudenim dan diikuti oleh seluruh peserta.

Dalam sambutannya kepala kantor wilayah Husni Thamrin, mengatakan bahwa kegiatan pada hari ini merupakan salah satu wujud implementasi dari sembilan agenda prioritas Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Sembilan program itu disebut Nawa Cita, yang mana kegiatan Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM merupakan impelementasi nyata dari Nawa Cita Butir ke-8.

 “ Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM ini bukan saja diselenggarakan di jajaran Kemenkumham, tetapi hampir di seluruh Kementerian dan Lembaga yang ada di Indonesia, karena dasar hukum dari kegiatan ini adalah Nawa Cita pada butir ke delapan yaitu mengamanatkan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, efektif dan terpercaya”, sebutnya.

Selain itu kegiatan ini merupakan bentuk realisasi dari Peraturan Menteri Hukum dan HAM ( Permenkumham ) Nomor 29 tahun 2019 tentang Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

“ Aturan ini mengatur tentang tahapan pembangunan ZI mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian satker WBK/ WBBM”, ujarnya.

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa Inovasi merupakan bagian yang penting untuk dapat mendorong terwujudnya Zona Integritas menuju WBK/WBBM Tahun 2021. 

“ Berbagai Inovasi pun udah disiapkan oleh satuan kerja atau UPT yang ada di wilayah Kemenkumham Kepri demi menunjang terwujudnya pelayanan yang lebih baik “, ujarnya.

“ Semisal Inovasi yang diciptakan di bidang pemasyarakatan oleh LPP Kelas IIB Batam yaitu SiPerawan ( Sistem Pengaturan Integrasi Warga Binaan ), SiMolek ( Sistem Monitoring Legalitas Kontrol ), dan SiMonita ( Sistem Monitoring Titipan Barang ), lalu Inovasi di bidang Imigrasi di situasi pandemi covid -19, Satker di Wilayah Kemenkumham Kepri menggunakan inovasi easy paspor dengan sistem jemput bola, dimana petugas imigrasi melakukan layanan paspor dengan mendatangi kantor - kantor pemerintah atau lembaga tertentu yang membutuhkan layanan paspor, tidak perlu datang ke kantor imigrasi tetapi petugas imigrasi yang mendatangi pemohon paspor secara kolektif “, imbuhnya menjelaskan.

Menurutnya Inovasi - inovasi yang sudah siapkan baik di jajaran Pemasyarakatan maupun Imigrasi seyogyanya menjadi andalan dalam pentahapan Zona Integritas menuju WBK/WBBM pada Tahun 2021.

 “ Semua telah kami siapkan sebaik mungkin “, sebutnya.

Menutup sambutannya Kakanwil berpesan kepada seluruh jajarannya bahwa kegiatan Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Zona Integritas menuju WBK/WBBM Tahun 2021 pada hari ini bukan hanya sekedar kegiatan ceremonial belaka namun sebuah keseriusan untuk menunjang komitmen khususnya bagi internal kanwil kumham yang telah melakukan deklarasi janji kinerja dan pencanangan zona integritas di jajaran kanwil beberapa waktu yang lalu.

“ Sekali lagi kegiatan hari ini bukan hanya kegiatan ceremonial belaka, tetapi kita ingin menunjukan komitmen, karena WBK/WBBM ini dapat diberikan oleh Kemenpan RB jika mempunyai komitmen mulai dari tingkat pimpinan sebagai role model dan jajarannya untuk bisa menegakan tiga pilar, satu melakukan reformasi birokrasi, kedua mencegah KKN, ketiga membuat peningkatan pelayanan publik”, pungkasnya.

Sementara itu Asisten II Pemko Tanjungpinang Samsudi dalam sambutannya pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Zona Integritas yang akan diselenggarakan merupakan komitmen kepada negara dan masyarakat. “ Saya berharap atas nama pemerintah Kota Tanjungpinang dan seluruh masyarakat Kepulauan Riau, semoga komitmen ini bisa dijalankan sebaik baiknya, karena ini janji kita terhadap pemerintah, dan janji terhadap masyarakat dalam memberikan pelayanan yang prima” ujarnya. 

Kegiatan Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM 2021 di Lingkungan Satuan Kerja di Wilayah Kemenkumham Kepri ditutup dengan doa demi kelancaran Kumham Kepri Menuju WBK/WBBM 2021. 

#KumhamPasti

#KanwilKepri

FB IMG 1613999112337FB IMG 1613999112337FB IMG 1613999112337FB IMG 1613999112337FB IMG 1613999112337FB IMG 1613999112337FB IMG 1613999112337FB IMG 1613999112337FB IMG 1613999112337


Cetak   E-mail