BUKA RAPAT TIMPORA MELALUI VIRTUAL, KAKANWIL AJAK ANGGOTA TIM PORA BERSAMA JAGA KEDAULATAN NEGARA

Tanjungpinang, Senin 29 Maret 2021, bertempat di Hotel CK Tanjungpinang, diselenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Timpora Provinsi Kepuluan Riau. Rapat Koordinasi tersebut mengundang secara langsung Gubernur yang diwakili oleh Kadis Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Riau sekaligus menjadi narasumber dan Kabag Kesbangpol Prov. Kepri Lamidi sekaligus juga menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. Selain itu hadir juga perwakilan anggota Timpora yang berasal dari berbagai instansi, seperti Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Riau, Kepolisian Daerah Kepulauan Riau, Pangkalan TNI AU Raja Haji Fisabilillah, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau, Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Komando Resor Militer 033/Wira Pratama, Pangkalan Utama TNI AL IV Tanjungpinang, Gugus Keamanan Laut Komando Armada I, Badan Intelijen Daerah Kepulauan Riau, Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Riau dan juga Dinas dinas terkait di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan Rapat Koordinasi Timpora merupakan bentuk keseriusan Kementerian Hukum dan HAM dalam mewujudkan Permenkumham Nomor 50 Tahun Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing. Timpora adalah tim yang terdiri dari instansi dan/atau lembaga pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan keberadaan dan kegiatan Orang Asing. Pembentukan Tim Pora dimaksudkan untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan Orang Asing di Wilayah Indonesia.

Pada kesempatan ini Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri Husni Thamrin, memberikan sambutannya melalui virtual. Beliau menyampaikan bagaimana Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi yang ada dalam Kawasan strategis kaitan nya dengan pengawasan orang asing yang banyak keluar masuk melalui wilayah Kepri.

“ Daerah Kepri ini dalam hal pengawasan keimigrasian, teramat penting karena kita tau Kepri adalah wilayah yang Strategis. Kondisi geografis kepri yang terdiri dari pulau - pulau, ini tentu memerlukan support dan dukungan dari berbagai pihak termasuk kami Kemenkumham khususnya melalui Divisi Imigrasi, untuk terus melakukan pengawasan orang asing, pengawasan keimigrasian, khususnya di Kepulauan Riau,” ujarnya.

Beliau pun menyampaikan bahwa dalam hal pengawasan orang asing, sinergitas merupakan salah satu aspek yang perlu ditanamkan oleh berbagai instansi terkait. Sinergitas merupakan wujud kerjasama kongkrit untuk terus memperkuat pengawasan orang asing yang ada di wilayah Indonesia. 

“ Saya pikir semua instansi Kementerian / Lembaga mempunyai tugas yang sama untuk menjaga tegaknya kedaulatan Negara Republik Indonesia, contohnya dalam hal pengawasan orang asing di Indonesia, Dimana ketika orang asing sudah masuk wilayah negara Indonesia, dan melakukan tindak pidana umum, tentu ada instansi yang berkompeten untuk menindaklanjutinya yang pastinya akan melibatkan berbagai pihak. Jadi dapat saya sampaikan disini bahwa pengawasan orang asing di Indonesia jadi tugas kita bersama dengan sinergitas kekompakan antara instansi demi bangsa dan Negara “ , tuturnya.

Lebih lanjut kakanwil menjelaskan bahwa fungsi Tim Pora adalah untuk melakukan koordinasi dan pertukaran data informasi. Pengumpulan data dan informasi tentang keberadaan orang asing ini dilakukan secara berjenjang, katanya.

 Ia berharap dengan dilaksanakannya rapat Tim Pora ini akan semakin meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antara kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau dalam hal ini adalah imigrasi dengan seluruh instansi terkait lainnya yang menjadi anggota Tim Pora, mengingat topografi wilayah Kepulauan Riau yang terdiri dari pulau-pulau tentu saja memerlukan sumber daya dari instansi lainnya dalam hal pengawasan terhadap orang asing yang ada diwilayah provinsi Kepulauan Riau, pungkasnya menutup sambutan.

Anggota Tim Pora tingkat provinsi paling sedikit terdiri dari berbagai unsur instansi mulai dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kepolisian Daerah, Pemerintah Daerah Provinsi, Badan Narkotika Nasional Provinsi, Badan Intelijen Negara Daerah, Komando Daerah Militer/Komando Resor Militer, Pangkalan Udara Utama Angkatan Udara, Komando Pangkalan Utama Angkatan Laut, Kejaksaan Tinggi dan Kantor Wilayah Pajak.

Hadir dalam rapat tersebut Kepala Divisi Pemasyarakatan Dwinastiti dan para Kepala Unit Pelaksana Teknis Imigrasi dilingkungan Kanwil Kepulauan Riau.

#KumhamPasti

#KanwilKepri

FB IMG 1617152729567FB IMG 1617152729567FB IMG 1617152729567FB IMG 1617152729567FB IMG 1617152729567FB IMG 1617152729567FB IMG 1617152729567


Cetak   E-mail