SEKJEN KEMENKUMHAM, “ APLIKASI ONLINE KEMENKUMHAM JADI SOLUSI PELAYANAN PUBLIK YANG EFEKTIF DAN EFISIEN “

Tanjungpinang, Kamis 01 April 2021. Plh. Kepala Kantor Wilayah Fierce Sumolang bersama Kepala Divisi Administrasi Ramelan Suprihadi serta pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau mengikuti kegiatan Ekspos Aplikasi Online Kementerian Hukum dan HAM RI secara virtual diaula Ismail Saleh Kanwil Kemenkumham Kepri dan diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham yang ada di Indonesia melalui virtual aplikasi zoom.

Kegiatan ini merupakan perwujudan dari tata kelola sistem pemerintahan berbasis elektronik perihal pembangunan, pengembangan dan penyelenggaraan aplikasi khusus layanan publik di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Andap Budi Revianto dan dihadiri pula Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM bidang transformasi digital, Fajar Lase sekaligus sebagai nara sumber.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Andap Budi Revianto dalam arahannya menyampaikan beberapa hal yang terkait dengan aplikasi di lingkungan seluruh Kantor Wilayah dan Satuan Kerja Kemenkumham yang kini berjumlah 682 aplikasi. Beliau menyampaikan, ke 682 aplikasi tersebut mesti lolos tahap verifikasi agar dapat menjadi salah satu andalan dalam pelayanan publik lalu masuk kedalam aplikasi online Kemenkumham RI. 

“ Terdapat 682 aplikasi, berbagai aplikasi ini akan kita laksanakan verifikasi, kemudian apabila lulus verifikasi ke 682 aplikasi ini harus terintegrasi sesuai dengan Kebijakan Presiden yang mengadopsi perkembangan lingkungan strategis secara global, jadi Presiden ini sudah visioner “, ujarnya.

Pada kesempatan ini saya juga akan menyampaikan apa yang telah digariskan oleh bapak Menteri, saya minta jajaran untuk bantu sepenuhnya, nanti dicek dari 682 aplikasi tersebut. Lalu di tingkat pusat kita diskusikan berbagai aplikasi tersebut dari tingkat keamanan, kemanfaatan, fungsionalitas, kemudian efektif dan efisien, setelah lolos akan dapat masuk ke aplikasi online Kemenkumham, imbuhnya.

Selanjutnya beliau berharap bahwa aplikasi online Kemenkumham RI ini dapat memberikan informasi yang jelas, sehingga memudahkan pelayanan publik yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. “ Ada tiga proses yang harus kita lampaui, verifikasi, integrasi dan sosialisasi. Setelah itu kemudian saya harapkan di dalam fitur aplikasi online ini, diberikan informasi yang jelas, sehingga pada akhirnya dapat efektif dan efisien “, sebutnya.

Pada kegiatan kali ini selain penguatan dan sambutan dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Andap Budi Revianto, Staf Khusus Menkumham bidang Transformasi Digital Fajar Lase, juga berkesempatan untuk menjadi narasumber dan memberikan paparan terkait aplikasi online Kemenkumham RI. Beliau membuka paparan nya dengan menjelaskan ide bagaimana tercetus nya aplikasi online Kemenkumham RI, “ aplikasi online Kemenkumham RI ini ide awalnya adalah kita berpikir begitu banyaknya aplikasi aplikasi yang tersebar di Kantor Wilayah dan ini perlu untuk diintegrasikan dalam satu wadah " , sebutnya.

Beliau pun menjelaskan mengenai fungsi dari aplikasi online Kemenkumham RI secara singkat sebagai aplikasi yang nanti nya harus benar benar dipahami oleh seluruh jajaran yang ada di Kemenkumham seluruh Indonesia.

“ Kami akan melanjutkan hal hal teknis dengan aplikasi online Kemenkumham, satu hal yang perlu kita pahami bersama bahwa aplikasi ini bukanlah aplikasi baru, tapi aplikasi ini bertujuan untuk menghimpun semua aplikasi online yang dimiliki oleh Kemenkumham hal ini untuk menindaklanjuti pencanangan Menkumham terkait birokrasi digital beberapa waktu lalu, dimana sebelumnya pada tanggal 3 agustus tahun 2020, Presiden Indonesia juga sudah menekankan dan memberikan arahan untuk percepatan reformasi digital “, bebernya.

Aplikasi online Kemenkumham RI terdiri dari 12 icon yang ditampilkan dalam aplikasi. Terdiri dari 11 icon yang merupakan unit utama dari Kemenkumham dan 1 icon untuk Kantor Wilayah. Icon tersebut mewakili pembagian aplikasi aplikasi online dari masing masing unit. Semisal icon Kantor Wilayah yang isinya merupakan semua layanan yang ada di Kantor Wilayah masing – masing, namun dengan catatan layanan tersebut sudah lulus dari verifikasi.

#KumhamPasti

#KanwilKepri

FB IMG 1617292549200FB IMG 1617292549200FB IMG 1617292549200


Cetak   E-mail