BUKA KEGIATAN GERAKAN 5 HARI BELAJAR / GEMAR BELAJAR , WAMENKUNHAM HARAPKAN MAMPU TINGKATKAN KOMPETENSI ASN PENGAYOMAN

Tanjungpinang-, Senin 05 April 2021, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau mengikuti secara virtual kegiatan pembukaan program “Gerakan 5 (Lima) Hari Belajar” (Gemar Belajar). Kegiatan tersebut diikuti secara virtual di Aula Ismail Saleh Kanwil Kemenkumham Kepri dengan dihadiri secara langsung Kakanwil Kemenkumham Kepri Husni Thamrin dan para Pimpinan Pratama Kantor Wilayah. Hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat administrator dan pengawas kanwil Kemenkumham Kepri.

Program “Gerakan 5 (Lima) Hari Belajar” (Gemar Belajar) merupakan program yang akan dilaksanakan setiap awal bulan sebagai upaya peningkatan kompetensi dan kapasitas pengetahuan Pimti/ APIP/ Pegawai di Lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kegiatan ini dibuka dengan laporan dari Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Ir. Razilu. Beliau menjelaskan mengenai program yang diluncurkan secara virtual dan langsung/tatap muka dengan tetap menjaga Disiplin Protokol Kesehatan ini. 

“ Program ini untuk merespon arahan Bapak Menteri Hukum dan HAM pada saat pelantikan Irjen, 10 Maret 2021 terkait pekerjaan rumah ( PR ) besar Irjen, yaitu: Peningkatan Kompotensi dan Integritas Auditor. Gemar Belajar dilakukan dengan skema pembelajaran blended learning, yaitu tatap muka dan virtual dengan media Zoom”, tuturnya.

Silabus beserta pemateri/narasumber telah dan akan diatur bersama pada Rapat Pimpinan, dengan narasumber pada periode April dan Mei yang berasal dari Internal Kemenkumham yaitu oleh Inspektur Jenderal, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Direktorat Jenderal Imigrasi, dan dari Eksternal Kemenkumham yaitu Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, serta Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan , sambungnya.

Selanjutnya Wakil Menteri Hukum dan Ham RI Eddy Hiariej, berkesempatan untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara peluncuran program “Gerakan 5 (Lima) Hari Belajar” (Gemar Belajar). Beliau berharap program yang diluncurkan dapat memberikan solusi dan manfaat bagi Kementerian Hukum dan HAM dalam meningkatkan Kompetensi seluruh jajaran di Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI.

“ Gemar Belajar merupakan terobosan brilian sebagai respon cepat dan solutif atas direktif saya ketika pelantikan. Saya berharap penuh program Gemar Belajar dapat memberikan dampak positif dalam rangka meningkatkan kompetensi auditor dan seluruh jajaran di Inspektorat Jenderal, terlebih lagi narasumber/pengajar yang akan memberikan materi berasal dari instansi eksternal yang selama ini menjadi mitra dan pembina bagi APIP seperti BPKP, Kemenpan-RB, KPK, ORI, dan Para Pimpinan Unit Utama di Internal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.” jelasnya.

Selepas pembukaan kegiatan program Gemar Belajar secara simbolis, Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Andap Budi Revianto, memberikan penguatan kepada seluruh undangan yang hadir secara virtual maupun langsung. Dalam paparan nya beliau mengingatkan perlunya komitmen dalam implementasi program “ Gemar Membaca”.

Terdapat tiga komitmen yang seyogyanya dapat diperhatikan agar program Gemar Membaca dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Mulai dari perbaikan tata kelola keuangan negara, Pembinaan seluruh Satker dalam rangka meminimalisir penyimpangan/temuan berulang dan tindak lanjut monitor rekom IMI/EMI secara komprehensif & efektif sehingga selesaikan poin permasalahan, katanya.

“ Saya percaya Inspektorat Jenderal dapat terus berproses dan memperbaiki diri menjadi fungsi Quality Assurance yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi organisasi dibawah kepemimpinan Sdr. Razilu.” Tutup Sekjen Kemenkumham RI.

#KumhamPasti

#KanwilKepri 

FB IMG 1617691094851FB IMG 1617691094851FB IMG 1617691094851FB IMG 1617691094851FB IMG 1617691094851FB IMG 1617691094851


Cetak   E-mail