LOKAKARYA PENINGKATAN KINERJA PPID, KARO HUMAS AJAK JAJARAN KEHUMASAN CAPAI PREDIKAT INFORMATIF

Tanjungpinang-, ( Rabu 07 April 2021 ) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau mengikuti kegiatan Peningkatan Kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ( PPID ) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM secara virtual di aula Ismail saleh. Hadir secara langsung Plh. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri, Ramelan Suprihadi bersama Kepala Bagian Humas dan Pelaporan Kemenkumham Kepri, Kelik Assimitrianto dan seluruh jajaran kehumasan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kepri. Kegiatan ini juga diikuti oleh jajaran kehumasan Imigrasi dan Pemasyarakatan di lingkungan kantor wilayah serta Badiklat Hukum dan HAM Kepulauan Riau.

Kegiatan tersebut merupakan wujud keseriusan dari Kementerian Hukum dan HAM dalam meningkatkan kualitas SDM Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ( PPID ) di seluruh Kantor Wilayah maupun Satuan Kerja. Selain itu terselenggaranya kegiatan ini juga dilatar belakangi oleh Kemenkumham yang merupakan badan publik yang wajib menyediakan hingga menerbitkan informasi publik yang berada dalam kewenangan nya. Kemenkumham melalui PPID harus mampu membangun dan mengembangkan sistem indormasi agar informasi dapat diakses dengan mudah dan diterima dengan baik oleh publik.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat ( Karo Humas ) dan Kerjasama Kementerian Hukum dan HAM RI, Heni Susi dalam sambutannya mengatakan bahwa selain untuk meningkatkan kualitas SDM PPID yang mumpuni di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, kegiatan ini merupakan perwujudan dari Wilayah Bebas Korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ( WBBM ) di lingkungan Kemenkumham.

“ Komisi Informasi Pusat telah menyelenggarakan acara penganugerahan keterbukaan informasi publik dalam rangka meningkatkan pelayanan informasi publik di Kemenkumham, Biro Humas dan Kerjasama kemudian melihat pentingnya lokakarya ini dalam rangka memberikan penguatan kepada PPID dan ini menjadi salah satu syarat Kemenkumham memperoleh predikat WBK dan WBBM, ketika itu dapat diraih maka akan menjadi prestasi yang luar biasa ”, ujarnya.

Selanjutnya beliau pun berharap semua jajaran kehumasan yang ada di lingkungan Kemenkumham bisa mendapatkan predikat informatif dari Komisi Informasi Pusat, sehingga hal tersebut dapat mencerminkan kualitas pelayanan informasi yang lebih baik di Kemenkumham.

 “Saya selaku Karo Humas mengajak seluruh jajaran kehumasan untuk dapat mencapai predikat informatif atau pun sangat informatif dari Komisi Informasi Pusat. Ini sejalan juga dengan arahan Pak Menteri dan Pak Sekjen dimana Humas ini menjadi ujung tombak dalam menginformasikan kinerja seluruh pejabat dan jajaran di wilayah kemenkumham.”, ungkapnya

Dalam kegiatan Lokakarya peningkatan Kinerja PPID di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM kali ini, Kepala Komisi Informasi Pusat, Gede Narayana menjadi narasumber dan memberikan paparan nya terkait Peningkatan Kapasitas PPID Kementerian Hukum dan HAM. Beliau menjelaskan bahwa jajaran PPID mesti mampu untuk memahami secara utuh tugas dari PPID itu sendiri. Sehingga dalam menjalankan tugas dan fungsi nya akan optimal. Tugas PPID terbagi menjadi delapan poin yakni mulai dari melakukan verifikasi bahan informasi dan dokumentasi publik, melakukan uji konsekuensi atas informasi dan dokumentasi yang dikecualikan, melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi, menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat, menyusun dan melaksanakan kebijakan informasi dan dokumentasi, menyusun laporan pelaksanaan kebijakan informasi dan dokumentasi, menggordinasikan dan mengonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID pembantu hingga menyimpan, mendokumentasikan, menyedikan dan memberi pelayanan informasi dan dokumentasi kepada publik. 

Dengan memahami kedelapan tugas dan fungsi dari PPID, diharapkan SDM PPID di seluruh lingkungan kerja Kementerian Hukum dan HAM dapat meningkat hingga memberikan manfaat yang positif bagi instansi maupun bagi publik sebagai pemohon informasi.

#KumhamPasti

#KanwilKepri

FB IMG 1617848038411FB IMG 1617848038411FB IMG 1617848038411FB IMG 1617848038411


Cetak   E-mail