SAMBUT BULAN RAMADHAN, JAJARAN PEMASYARAKATAN DILINGKUNGAN KANTOR WILAYAH GELAR APEL SIAGA

Batam-,Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Dwinastiti menghadiri secara langsung kegiatan Apel Siaga Pengamanan Bulan Suci Ramadhan 1442 H yang diikuti UPT Pemasyarakatan (Pas) se-kota Batam ( 12/04 ).

Kegiatan Apel Siaga diikuti secara langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Batam, Dannie Firmansyah, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Batam, Novriadi, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Batam, Ike Rahmawati dan Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Batam, Yan Patmos serta seluruh petugas pengamanan Lapas/ Rutan se- kota Batam.

Pada kesempatan ini Kepala Divisi Pemasyarakan Kemenkumham Kepri Dwinastiti menjadi pembina apel, dalam amanatnya beliau menjelaskan mengenai tujuan diadakannya apel siaga di lingkungan pemasyarakatan se-kota Batam. 

“Pada saat Ramadhan tiba, ada kegiatan- kegiatan yang lain dari hari sebelumnya seperti Sholat Tarawih bersama, Buka Puasa yang harus menjadi perhatian, tentu dengan senantiasa menjaga sinergitas dan kolaborasi antar APH (Aparat Penegak Hukum) dalam mencegah gangguan keamanan dan ketertiban baik di Lapas, Rutan dan LPKA dengan berpedoman kepada Permenkumham No.33 Tahun 2015 dan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS.80.PK.02.10.01 tahun 2021 tentang peningkatan kewaspadaan selama kegiatan bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/2021, untuk itu pada hari ini di laksanakan apel siaga sebagai upaya meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan tersebut , ” katanya.

Selain Apel Siaga, agenda kegiatan juga disejalankan dengan peresmian aplikasi E-Jurnal yang merupakan inovasi karya petugas Lapas Kelas IIA Batam. Peresmian ini dilakukan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kepri, Dwinastiti. Aplikasi E-Jurnal merupakan pengisian jurnal pengamanan secara elektronik yang bertujuan untuk mengurangi fungsi pemakaian kertas / paperless office. Aplikasi ini juga langsung terhubung dan terpantau langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan dan Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakat (KPLP) terhadap regu pengamanan yang sedang melaksanakan tugas.

Selain bertempat di Kota Batam, Apel Siaga kali ini dilangsungkan juga di Lapangan Upacara Lapas Kelas IIA Tanjungpinang. yang ditujukan bagi petugas pemasyarakatan se-Bintan dan Tanjungpinang. 

Apel siaga ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Teknologi Informasi, Teguh Imanto yang bertindak sebagai Pembina Apel. Dalam sambutannya Pembina apel menghimbau kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan yang ada di Bintan dan Tanjungpinang untuk meningkatkan keamanan dan kesiagaan dalam menyambut bulan suci ramadhan tahun 1442 H.

“ Salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian kita semua yakni pemberian makanan warga binaan Pemasyarakatan, lalu Perbanyak kegiatan yang bersifat keagamaan(relegius) kepada tahanan, anak, dan narapidana selama bulan ramadhan, keempat sama-sama berintrospeksi diri memerangi narkoba, kelima Agar membuat kegiatan-kegiatan bersifat positif untuk dapat diviralkan ke media.” tuturnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau Husni Thamrin saat di tanyakan mengenai kegiatan apel siaga ini mengungkapkan bahwa seluruh jajaran Pemasyarakatan di lingkungan kantor wilayah telah melaksanakan kegiatan apel siaga ini sebagai upaya peningkatan kewaspadaan pada bulan puasa dan Hari Raya Idhul Fitri pada tahun 2021 ini.

“ Apel siaga ini wajib dilaksanakan oleh seluruh jajaran pemasyarakatan di lingkungan kantor wilayah, kesiapan dan kewaspadaan pengamanan menjadi fokus utama selama bulan puasa dan hari raya idul fitri karena ada berbagai kegiatan yang diselenggarakan seperti teraweh, pesantren dan shalat idul fitri, untuk itu diperlukan kerjasama dengan pihak kepolisian terkait hal tersebut sehingga situasi akan tetap kondusif, aman dan terkendali “, ujar Kakanwil.

Beliau juga berpesan agar seluruh jajaran pemasyarakatan dapat terus berkomitmen dan berintegritas tinggi dalam menjalan tugas-tugas yang di embannya, “ kepada seluruh jajaran pemasyarakatan tetaplah berkomitmen dan berintegritas tinggi dalam menjalankan tugas yang di emban, jangan lagi ada pungutan-pungutan liar, kekerasan terhadap warga binaan apalagi terlibat dalam peredaran gelap narkotika, setiap apa yang kita lakukan akan berdampak pada diri kita maupun keluarga kita nantinya, untuk itu tetap berikan pelayanan yang terbaik bagi warga binaan baik yang ada di Rutan, LPKA maupun Lembaga Pemasyarakatan “, pesannya.

#KumhamPasti 

#KanwilKepri

FB IMG 1618635029323FB IMG 1618635029323FB IMG 1618635029323FB IMG 1618635029323FB IMG 1618635029323FB IMG 1618635029323FB IMG 1618635029323FB IMG 1618635029323


Cetak   E-mail