MONITORING DAN EVALUASI PENYELENGGARAAN BANTUAN HUKUM DI KOTA BATAM

Selasa, 10 Agustus 2021 bertempat di Kota Batam, Tim Pengawas Daerah Bantuan Hukum Kanwil Kemenkumham Kepulauan Riau dipimpin oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Darsyad, melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan bantuan hukum kepada penerima bantuan hukum yang berada di Rumah Tahanan Negara Kelas IIA (Rutan) Batam dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB (Lapas Perempuan) Batam. 

Mengawali pengarahannya, KadivYankumHam Kanwil Kemenkumham Kepri menyampaikan bahwa penyelenggaraan bantuan hukum sebagai salah satu program prioriotas nasional, bertujuan untuk dapat memberikan kepastian hukum serta memperluas akses keadilan khususnya bagi masyarakat tidak mampu, yang tidak dapat melakukan pembayaran atas jasa hukum yang diterima secara mandiri. 

"Hadirnya Lembaga Bantuan Hukum yang telah diakreditasi oleh Kemenkumham, merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam menyalurkan anggaran bantuan hukum bagi masyarakt tidak mampu yang berhadapan dengan hukum. " Ujarnya.

Beliau pun menambahkan dalam kegiatan LBH di wilayah Kepri harus senantiasa mendapatkan pengawasan agar tetap pada koridor yang tepat. 

"Tentunya dalam penyelenggaraan tersebut, diperlukan suatu pengawasan agar kualitas pemberian bantuan hukum yang dilaksanakan rekan-rekan LBH Terakreditas dapat terus kita pantau, dan akan kita beri peringatan bahkan bisa kita usulkan untuk dicabut akreditasinya, jika hasil monitoring di lapangan menunjukkan ada ketidaksesuaian prosedur yang diperbuat oleh LBH." Ungkapnya

Salah satu yang menjadi tolak ukur penilaian kami terhadap kinerja LBH adalah hasil dari wawancara mendalam terkait kualitas pendampingan hukum yang diterima oleh Warga Binaan Pemasyarakatan.

Dalam kesempatan tersebut, wawancara kepada Warga Binaan Pemasyarakatan penerima bantuan hukum langsung dilaksanakan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, dan diakhiri dengan diskusi dalam rangka meningkatkan komitmen penyelenggaraan bantuan hukum bersama dengan Kepala Rutan Batam Yan Patmos dan Kepala Lapas Perempuan Batam Ike Rahmawati, serta Direktur LBH Terakreditasi di Kota Batam.

#KumhamLebihPasti

#BPHNHebat

#KanwilKemenkumhamKepri

#LuhbankumJDIHKepri

#KotaBatam

#KepulauanRiau

IMG 20210812 152735 549IMG 20210812 152735 549IMG 20210812 152735 549IMG 20210812 152735 549


Cetak   E-mail