PENGUATAN MENUJU PENILAIAN TPN OLEH TIM PEMBINA DAN ASISTENSI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DIREKTORAT JENDERAL PEMASYARAKATAN

Tanjungpinang-, 07 September 2021. Tim Pembina dan Asistensi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK / WBBM pada Satuan Kerja Pemasyarakatan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Utama Sutrisman dan Ajub Suratman melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang, Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang serta Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas II Tanjungpinang.

Kunjungan kerja kali ini bertujuan untuk memberikan Penguatan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM pada Ka.Satker dan Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau.

Kegiatan penguatan dimulai dengan penyampaian paparan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ( WBBM ) Tahun 2021 oleh Kepala Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Wahyu Hidayat dihadapan Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Utama Sutrisman dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Dwinastiti.

" Berbagai upaya telah kita lakukan untuk dapat mencapai target meraih predikat WBK pada tahun ini, keenam Pokja telah melakukan berbagai tugas dan fungsi yang sesuai dengan data dukung maupun berbasis pada pelayanan publik ", ujarnya.

Kami juga telah membuat berbagai inovasi-inovasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, sehingga mempermudah masyarakat maupun warga binaan dalam memperoleh pelayanan yang ada di Lapas, imbuhnya.

Selain itu pada kesempatan kunjungannya ke Rupbasan, Kepala Rupbasan juga memaparkan berbagai persiapan yang telah dilakukan jajaran Rupbasan dalam menghadapi penilaian oleh Tim TPN.

“ Meskipun saat ini Rupbasan masih banyak kekurangan baik dari segi SDM maupun sarpras namun itu bukan menjadi alasan bagi kami untuk tidak berupaya maksimal meraih predikat WBK pada tahun ini, kami tetap berkomitmen penuh untuk memberikan yang terbaik sehingga harapan dan asa meraih predikat WBK akan tetap terjaga “, sebut Ka.Rupbasan Achmad Adrian. 

Sementara itu Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Utama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Sutrisman dalam arahannya kepada Ka.Lapas dan Ka.Rupbasan meminta agar seluruh jajaran menguasi Tusinya dengan baik. 

" Pertama nasihat saya semuanya petugas agar menguasai tugas dan fungsi ( tusi ) yang diembannya, dimulai dari masuk ke dalam kantor, mengawali pekerjaan sehari-hari semua harus mengerti Standard Operasional Prosedure ( SOP ) yang telah digariskan , jangan ada penyimpangan-penyimpangan yang dapat merugikan organisasi ", tuturnya.

Kemudian beliau menjelaskan bahwa salah satu hal yang menjadi fokus utama yang harus dikedepankan saat penilaian oleh Tim Penilai Nasional ( TPN ) MenPAN-RB yakni inovasi yang telah dibuat oleh satuan kerja.

" Inovasi adalah sesuatu yang memudahkan kita bekerja, maka ceritakan lah Inovasi tersebut. Ceritakan manfaat inovasi tersebut dalam keefektifan dan efisiensi bekerja. Sehingga tim penilai yang datang secara langsung maupun virtual bisa mendapat info yang lengkap ", Ungkapnya.

Selanjutnya beliau meminta kepada seluruh Kepala Satker yang akan memaparkan materi, agar dipersiapkan seoptimal mungkin. 

" Pastikan bahan paparan di kuasai dan harus sinkron dengan operator karena waktu dibatasi. Kepala Satker wajib menguasai Enam Pokja, dan untuk tim pokja sendiri diharapkan tidak hanya memahami pekerjaan pokjanya saja namun juga sedikit banyak harus memahami pokja yang lain", Jelasnya.

Terakhir Sutrisman menambahkan Seluruh pegawai juga harus memiliki Hospitality yang baik dalam memberikan pelayanan publik prima kepada masyarakat.

" Hospitality atau keramah tamahan harus diterapkan, sehingga masyarakat dan pelayanan publik dapat terasa nyata, lalu SOP mohon untuk diperjelas dan dibuat sebaik mungkin, karena SOP akan menjadi landasan dalam melakukan sesuatu hal “,pungkasnya.

Bersamaan dengan kunjungan kerja ini, Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Utama Ajub Suratman juga berkesempatan melihat sarana dan prasarana pelayanan publik yang ada di Lapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang.

“ Saya harapkan kepada teman-teman agar tetap berkomitmen serta berintegritas tinggi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat maupun warga binaan pemasyarakatan karena tanpa adanya hal ini sarpras pendukung yang telah kita bangun akan sia-sia apabila petugasnya tidak bersungguh-sungguh dalam melayani “ , pesannya.

#KumhamLebihPasti

#KanwilKepri

FB IMG 1631009421796FB IMG 1631009421796FB IMG 1631009421796FB IMG 1631009421796FB IMG 1631009421796FB IMG 1631009421796FB IMG 1631009421796FB IMG 1631009421796FB IMG 1631009421796FB IMG 1631009421796


Cetak   E-mail