RAPAT PERSIAPAN DESK EVALUASI TIM TPN

Tanjungpinang-, 10 September 2021. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Rapat Persiapan Penilaian Menuju WBK/WBBM oleh Tim Penilai Nasional (TPN) yang diikuti oleh seluruh Tim Pokja pembangunan Zona Integritas Menuju WBK / WBBM secara virtual.

Dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Husni Thamrin rapat yang diselenggarakan di rupatama ( ruang rapat utama ) tersebut juga dihadiri secara langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian Friece Sumolang dan perwakilan Ketua Pokja dari masing masing Enam Area Perubahan. 

Kakanwil dalam penguatan nya menyampaikan beberapa hal, terutama terkait aspek-aspek penilaian yang semakin harus diperbaiki dan ditingkatkan sebagai upaya meraih predikat WBK/WBBM Tahun 2021. 

“ Kita semua harus bekerja sama untuk menghadapi penilaian Tim Penilai Nasional ( TPN ) WBK/WBBM yang sudah semakin dekat. Dimulai dari pintu gerbang masuk kantor wilayah, kemudian petugas Duta Layanan yang wajib stand by setiap harinya di law center, sarana prasarana penunjang seperti ruang menyusui, parkir, tempat pengaduan / konsultasi dan lain sebagainya harus benar benar dipersiapkan dengan baik jangan sampai kita lengah terhadap ini karena dalam penilaian nanti akan ada misteri shopper berkunjung ke kantor wilayah untuk menilai segala sesuatunya tanpa kita ketahui, lalu nomor pengaduan juga harus selalu aktif siap sedia dalam melayani masyarakat “ , ujarnya.

Selanjutnya beliau pun meminta jangan sampai adanya berita viral negatif mengenai Kanwil Kemenkumham Kepri.

 “ Pemberitaan pemberitaan di Media sosial, media online maupun media cetak tentang Kanwil Kemenkumham Kepri harus dapat kita cermati, kita harus bisa menjaga citra Kantor Wilayah tetap berada pada jalur yang semestinya, tetap pada citra yang positif. Jangan sampai ada berita negatif yang viral “, pesannya.

Kakanwil pun menyampaikan salah satu penguatan dan saran yang disampaikan oleh Staf Khusus Bidang Transformasi Digital, dimana perlunya simulasi dalam menghadapi penilaian oleh Tim Penilai Internal.

“ Seperti yang telah disampaikan oleh staf khusus kemarin bahwa kita disarankan untuk mengadakan simulasi bagaimana nanti menghadapi tim TPN, ini sangat penting sekali untuk mengingat kembali apa yang telah kita persiapkan dan akan kita sampaikan kepada Tim Penilai Internal. Tujuan nya supaya kita lebih matang, lebih siap dalam menghadapi penilaian nanti” tuturnya.

Dalam kesempatan kali ini Kepala Divisi Administrasi Ramelan Suprihadi selaku Ketua ZI yang mengikuti secara virtual, beliau menyampaikan tentang pentingnya pelaksanaan dan penerapan SOP di lapangan.

“ Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh teman teman semua yakni penetapan SOP, bukan hanya dibuat saja namun ditambahkan dengan aturan yang mengikat sehingga dapat dilaksanakan oleh pelaksana SOP tersebut, lalu sistem pengawasan nya yang harus ditingkatkan sehingga SOP terjamin dapat dilaksanakan dengan optimal “, pintanya.

Direncanakan Desk Evaluasi oleh tim TPN nantinya akan dilakukan dengan metode virtual melalui zoom pada bulan oktober hingga november dengan 4 penilaian pokok yaitu : yel-yel, video profile,paparan dan tanya jawab.

#KumhamLebihPasti

#KanwilKepri

FB IMG 1631318123146FB IMG 1631318123146FB IMG 1631318123146FB IMG 1631318123146FB IMG 1631318123146


Cetak   E-mail