KANWIL KEMENKUMHAM KEPRI IKUTI RAPAT KOORDINASI UJI SAHIH BERSAMA MENKOPOLHUKAM SECARA VIRTUAL

Tanjungpinang- 27 Oktober 2021. Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Ramelan Suprihadi bersama Kepala Bagian Umum Iwan Kurniawan, serta Kepala Bidang Hukum Usdianto mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Uji Sahih Hasil Pengkajian Kebijakan Kementerian dan Lembaga di Bidang Kesatuan Bangsa secara virtual di ruang rapat utama Kanwil Kemenkumham Kepri.

Kegiatan ini terselenggara dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian kebijakan kementerian dan lembaga di bidang kesatuan bangsa, pembahasan rapat kali ini meliputi 4 (empat) isu strategis mulai dari Proposionalitas Pembagian Urusan Pusat dan Daerah dalam Kerangka NKRI, Pembentukan dan Pengawasan Produk Hukum Daerah dalam rangka Menjaga Kesatuan Bangsa, Kebebasan Berserikat, Berkumpul, dan Menyampaikan Pendapat dalam Kerangka Kesatuan Bangsa dan Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah yang Berkeadilan dalam rangka Memperkukuh Kesatuan Bangsa.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD hadir dalam kegiatan ini dan berkesempatan untuk memberikan sambutan nya. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa pentingnya menjaga demokrasi bangsa demi stabilitas negara yang tentunya berkaitan dengan uji sahih yang akan dilakukan pada rapat kali ini.

“Menjaga integrasi sambil membangun demokrasi, tugas kita itu salah satu nya, sesuai dengan Pancasila dan Undang Undang Dasar yakni melindungi segenap bangsa Indonesia itu artinya menjaga integrasi. Kita jangan sampai lengah, terutama dalam menjaga hal tersebut dengan  konstitusional hukum yang kita miliki.” Ungkapnya.

Menko Polhukam pun mengatakan agar senantiasa selalu waspada dengan segala ancaman yang dapat memecah belah bangsa Indonesia. “ Sebagai instansi yang ada di bidang hukum, kita mesti waspada dengan berbagai macam ancaman yang bisa mencancam kedaulatan negeri ini. Mulai dari ancaman territorial yang dilanggar oleh negara asing, hingga ancaman radikalisme yang tumbuh di tengah tengah sendi kehidupan masyarakat.” Bebernya.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai Kementerian dan juga Lembaga - Lembaga Negara yang ada di Indonesia yang diikuti secara virtual dengan dibagi kedalam empat sesi pembagian paparan tim sesuai dengan empat isu strategis yang dibahas pada kegiatan ini.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKepri
#KemenkumhamRI

IMG 20211027 185416 084IMG 20211027 185416 084IMG 20211027 185416 084IMG 20211027 185416 084


Cetak   E-mail