OPERASI PENGAWASAN KEIMIGRASIAN BERSAMA DI WILAYAH LAUT PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Batam-,  Jumat, 29 Oktober 2021. Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau bersama jajaran Satuan Kerja Imigrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kepri menyelenggarakan Operasi Penegakan Hukum Keimigrasian di Wilayah Laut Provinsi Kepulauan Riau.

Operasi dilaksanakan di perairan laut Batam dengan menggunakan  tiga Kapal Patroli Imigrasi yaitu milik Kantor imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam , Kapal Patroli Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang serta Kapal Patroli Kantor imigrasi kelas II TPI Belakang Padang. Operasi ini dilakukan pada kapal asing yang sedang berlabuh di sekitar perairan laut Batam.

Hadir secara langsung dalam kegiatan ini Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kepri Friece Sumolang. Kegiatan patroli dibuka oleh Analis Keimigrasian Ahli Utama Direktorat Jenderal Imigrasi Yudhi. Dalam sambutan nya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kebijakan pimpinan Direktorat Jenderal imigrasi, dimana kota Batam telah ditetapkan sebagai pilot project live laboratory ( laboratorium hidup).

" Sebagai pilot project live laboratory (laboratorium hidup),  divisi keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kepri beserta jajaran harus mampu meningkatkan kualitas corporate university sebagai wawasan serta kemampuan personil dalam menjaga kedaulatan negara di wilayah perairan laut NKRI " , tuturnya.

Selanjutnya beliau berharap kegiatan ini dapat memperkuat penegakan hukum laut di wilayah Indonesia. " Diharapkan dengan adanya pengawasan dalam rangka penegakan hukum keimigrasian di wilayah laut perairan NKRI khususnya Kepulauan Riau dapat memberikan kontribusi positif serta penguatan teknis keimigrasian" pungkasnya.

Acara dihadiri oleh instansi terkait yaitu Kepolisian Perairan dan Udara Polda Kepri, Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe B Batam,  Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam, dan Kepala Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKepri
#KemenmumhamRI  

IMG 20211029 185912 092IMG 20211029 185912 092IMG 20211029 185912 092IMG 20211029 185912 092


Cetak   E-mail