MENKUMHAM, “  BERDASARKAN FAKTA SEJARAH PERINGATAN HARI DHARMA KARYA DHIKA KEDEPANNYA AKAN DI LAKSANAKAN SETIAP TANGGAL 19 AGUSTUS “

Tanjungpinang-, 30 Oktober 2021. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau mengikuti Acara Puncak Rangkaian Peringatan Hari Darma Karya Dhika ( HDKD ) Tahun 2021 yang di isi dengan Pelaksanaan Upacara Bendera, Penganugerahan pada ASN serta stake holder terkait dan ditutup dengan acara syukuran. Kegiatan ini dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Upacara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Kuningan Jakarta  Selatan.

Bertempat di Aula Ismail Saleh Kanwil Kemenkumham Kepri hadir Plt. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri Ramelan Suprihadi, Kepala Divisi Pemasyarakatan Dwinastiti beserta seluruh jajaran pejabat administrator dan pejabat pengawas Kanwil Kemenkumham Kepri.

Puncak Rangkaian Peringatan Hari Darma Karya Dhika ( HDKD ) Tahun 2021 diawali dengan Upacara Bendera yang dipimpin secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna H. Laoly. Dalam amanahnya Menkumham mengungkapkan bahwa tantangan yang akan dihadapi Kemenkumham kedepannya akan semakin berat sehingga diperlukan nya kompetensi dan kemampuan organisasi maupun individu semakin ditingkatkan.

" Tantangan yang dihadapi  Kementerian Hukum dan HAM akan semakin berat, untuk itu kita dituntut selalu meningkatkan kapasitas dan kompetensi dengan segala sumber daya yang ada. Berbagai capaian prestasi yang diraih Kementerian Hukum dan HAM diharapkan dapat terus memberikan citra positif di masyarakat." Ungkapnya.

,Selanjutnya beliau menyampaikan dimasa teknologi 4.0 dan digitalisasi yang semakin pesat, Kementerian Hukum dan HAM harus mampu membuktikan diri dengan menciptakan berbagai macam inovasi dan terobosan terobosan cerdas. " Terus ciptakan terobosan-terobosan baru, buktikan bahwa kinerja jajaran Kementerian Hukum dan HAM memberikan manfaat yang langsung dirasakan masyarakat, mampu
bermanfaat bagi masyarakat, sehingga terwujud Kementerian Hukum dan HAM yang SEMAKIN PASTI." Bebernya.

Menkumham pun dalam kesempatan ini menetapkan peringatan HDKD di tahun berikutnya yang akan jatuh pada tanggal 19 Agustus. " Bahwa berdasarkan fakta sejarah, dokumen informasi yang autentik, sumber yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, kita tetapkan bahwa hari lahir Kementerian Hukum dan HAM adalah tanggal 19 Agustus 1945, selanjutnya disebut Hari Dharma Karya Dhika, diperingati pada tanggal 19 Agustus setiap tahunnya, dan mencabut Keputusan Menteri Kehakiman tahun 1985." Jelasnya.

Terakhir Menkumham berpesan kepada seluruh Jajaran Kementerian Hukum dan HAM agar menjadikan HDKD ini sebagai bahan evaluasi dan merancang strategis dalam menjalankan organisasi. " Jadikanlah Hari Dharma Karya Dhika sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas semua yang telah dilakukan selama ini, rumuskan langkah-langkah strategis dalam menghadapi situasi yang sangat dinamis, terus bekerja dan berkarya, pastikan bahwa kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara benar-benar terlayani. Wujudkan nilai keadilan, kePASTIan, dan
kemanfaatan hukum, sehingga kehadiranKementerian Hukum dan HAM dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat" pungkasnya.

Selepas dilaksanakan nya Upacar Bendera, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Anugerah pemenang lomba dan Syukuran HDKD Tahun 2021. Kanwil Kemenkumham Kepri memberikan anugerah kepada Dokter yang bertugas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang Ibu Petra yang telah berperan aktif dikala pandemi covid - 19 melanda Indonesia khususnya di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kepri.

Selain itu diberikan juga hadiah kepada pemenang lomba yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Kepri mulai dari lomba voli, lomba memancing, lomba karaoke, lomba permainan rakyat serta diberikan nya juara umum dan piala bergilir yang kali ini didapatkan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Narkotika Tanjungpinang.

Terakhir kegiatan ditutup dengan pemotongan kue dan juga tumpeng yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia sebagai bentuk rasa syukur akan perayaan HDKD Tahun 2021 yang sudah berjalan lancar.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKepri
#KemenkumhamRI

IMG 20211030 145413 875IMG 20211030 145413 875IMG 20211030 145413 875IMG 20211030 145413 875IMG 20211030 145413 875


Cetak   E-mail