RAKOR CAPAIAN KINERJA SEMESTER II TAHUN 2021 DILINGKUNGAN KANWIL KEPRI

Tanjungpinang,- Dalam siklus manajemen, monitoring dan evaluasi (monev) merupakan unsur penting yang memberi input balik bagi perencanaan, karena evaluasi dapat menilai kinerja sebuah organisasi dalam satu kurun waktu tertentu. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut diharapkan arah program dan kebijakan yang dituangkan ke dalam kegiatan akan mampu memenuhi tujuan organisasi dan keinginan pemangku kepentingan. Sehingga untuk memperoleh hasil yang diinginkan maka evaluasi dan monitoring harus dilakukan secara terintegrasi sejak perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta evaluasi dan monitoring.

Berkaitan dengan hal tersebut hari ini ( senin / 15 november 2021 ), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau menyelenggarakan Rapat Koordinasi ( Rakor ) Capaian Kinerja Semester II Tahun 2021 secara virtual. Kegiatan dibuka oleh Plt.Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Ramelan Suprihadi dan diikuti oleh seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis ( Ka.UPT ) dilingkungan Kanwil Kepri.

Dalam sambutannya Ramelan mengatakan bahwa tujuan dari Rakor Capaian Kinerja Semester II Tahun 2021 ini adalah dalam rangka untuk mengetahui sampai sejauh mana capaian-capaian kinerja seluruh Unit Pelaksana Teknis sampai dengan semester II tahun 2021 ini.

“ Sebelum  memasuki tahun, pada umumnya kita telah membuat janji kinerja, rencana kerja tahunan, rencana penarikan dana pada setiap bulannya dan berbagai rencana-rencana yang telah kita buat dan untuk mengukur / mengevaluasi bagaimana rasio rencana dengan realisasinya salah satunya dengan cara melakukan evaluasi capaian kinerja yang sudah kita laksanakan baik di bidang fasilitatif maupun di bidang teknis sehingga dengan demikian capaian kinerja ini sesuai dengan yang kita rencanakan tidak berbeda jauh dengan yang kita realisasikan “, ujar Ramelan.

Dan keseriusan Kanwil dalam penyelenggaraan kegiatan rakor ini dapat dilihat dari kehadiran seluruh Pimti Pratama ditengah-tengah berbagai kesibukan dimana nantinya Pimti Pratama juga akan menjadi evaluator bersama dengan para evaluator lainnya , tambahnya.

Beliau juga mengingatkan agar para peserta nantinya dapat memberikan pemaparan yang baik terutama terkait capaian kinerja, karena dari hasil rakor ini nantinya data-data tersebut  akan di gunakan untuk kegiatan Evaluasi Kinerja Nasional pada  akhir tahun yang akan dilaksanakan di Kementerian Hukum dan HAM.

“ Saya minta kepada seluruh Ka.UPT dengan sisa waktu yang kurang lebih tinggal 1 bulan lagi, untuk dapat memaksimalkan penyerapan anggaran sesuai target yang telah di tetapkan karena itu merupakan janji kita dan rencana yang telah kita buat sehingga wajib bagi kita untuk seoptimal mungkin memenuhi targetnya “, sebut Ramelan.

Dan untuk pencapaian target kinerja yang lebih baik lagi, Plt.kakanwil menuturkan bahwa kedepannya direncanakan evaluasi kinerja seperti ini akan dilakukan per triwulan hal ini dilaksanakan guna mencermati berbagai permasalahan dan kendala-kendala yang dihadapi oleh Unit Pelaksana Teknis dalam pemenuhan target kinerja.

“ Nantinya kami akan membangun sebuah aplikasi yang wajib diisi oleh semua UPT  di Kanwil Kepri tentang capaian kinerja pada setiap bulan dengan indikator indikator yang telah kami buat sehingga nanti setiap bulan kami dikantor wilayah sebagai satker pembina mengetahui capaian kinerja setiap UPT baik dari  sisi fasilitatif maupun teknis “, tuturnya.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan rakor ini adalah untuk Review Capaian Kinerja Tahun 2021, Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Perumusan Strategi dan Penguatan Kinerja Satuan Kerja serta  Pembinaan Sumber Daya Manusia. Dengan output yang diharapkan antara lain ; Terlaksananya Capaian Kinerja Tahun 2021 secara menyeluruh,  Terlaksananya Perjanjian Kinerja Tahun 2021 dan Penyerapan Anggaran secara maksimal, Meningkatnya jumlah satker yang diusulkan untuk meraih predikat WBK/WBBM Tahun 2021, dan Terlaksananya fungsi dukungan manajemen secara maksimal.

Usai dibuka oleh Plt.kakanwil, kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi secara virtual yang di lakukan oleh Tim Evaluator.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKepri
#KemenkumhamRI

IMG 20211115 164257 543IMG 20211115 164257 543IMG 20211115 164257 543


Cetak   E-mail