RAZILU, “  ZERO PENYIMPANGAN, ZERO  PENYELEWENGAN DAN ZERO COMPLAIN ADALAH ESENSI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK/WBBM “

Tanjungpinang-, 09 Maret 2022. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau mengikuti kegiatan Workshop Sosialisasi Pengisian dan Penilaian LKE Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM di Lingkungan Kemenkumham Tahun 2022 secara virtual. 

Bertempat di Aula Ismail Saleh Kanwil Kemenkumham Kepri hadir secara langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan Dwinastiti, Kepala Bagian Program dan Humas Kelik Assimitrianto beserta perwakilan dari Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2022 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kepri. 

Kegiatan kali ini dibuka dengan sambutan yang disampaikan secara langsung oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham RI Razilu. Membuka sambutan nya beliau meminta agar seluruh jajaran Kemenkumham yang hadir agar senantiasa menjaga komitmen dalam menjaga harkat dan martabat Kementerian Hukum dan HAM. 

" Setiap individu wajib menjaga harkat dan martabat Kemenkumham dengan cara berkinerja tinggi, menginternalisasikan budaya melayani, budaya integritas dan budaya anti korupsi. Kita selalu ingin mengupayakan zero penyimpangan, zero penyelewengan dan zero complain karena inilah esensi pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM " , tuturnya.  

Tahun 2021 sendiri total terdapat 171 Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang mendapatkan predikat WBK dan WBBM dengan rincian 150 Satker mendapat predikat WBK dan 21 Satker mendapat predikat WBBM. 

Sementara itu untuk Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM tahun 2022 terdapat aturan baru yang harus dipahami yakni Permenpan RB Nomor 90 Tahun 2021 tentang pembangunan dan evaluasi zona integritas WBK dan WBBM menuju di instansi pemerintah. 

" Peraturan ini menjadi pedoman baru dalam membangun Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2022. Saya arahkan untuk Tim Penilai Internal ( TPI ) harus sigap dalam mempelajari dan menjadikan nya acuan dalam penilaian atau pun evaluasi, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai pembangunan dan evaluasi zona integritas sesuai dengan aturan terbaru." Jelasnya. 

Razilu secara khusus dalam arahannya juga meminta agar dalam penilaian WBK/WBBM nanti agar dapat dilaksanakan sesuai pedoman yang telah ada dengan penuh tanggungjawab. 

“ Saya meminta kepada Tim Penilai Kanwil, Tim Penilai Internal ( TPI ) dan Tim Penilai Eselon I agar dalam melakukan penilaian secara berjenjang dalam pengusulan satuan kerja pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM nantinya  dapat dilakukan secara professional dan bermartabat. Pada Tahun 2022 ini kita berharap satker yang diusulkan ke Tim Penilai Nasional ( TPN ) oleh Tim Penilai Internal ( TPI )  adalah benar-benar satker yang benar-benar berkualitas dalam pembangunan zona integritas tidak hanya sekedar kuantitas ( jumlah ) usulan “, ucap Razilu. 

Terakhir Razilu berharap tahun ini seluruh satuan kerja dapat memperbaiki berbagai macam catatan evaluasi yang didapat dari kontestasi tahun sebelumnya. 

" Berdasarkan hasil evaluasi tahun 2021 terdapat beberapa catatan diantara nya, masih terdapat unit kerja yang pimpinan dan anggota nya belum sepenuhnya memiliki pemahaman yang baik tentang Zona Integritas hingga penanganan aduan pengguna layanan yang belum efektif, lalu kurangnya inovasi dari satuan kerja hingga untuk selanjutnya seluruh satuan kerja harus membuat tim inovasi untuk membuat inovasi sesuai kebutuhan layanan ", Pungkasnya. 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan materi yang diberikan oleh narasumber yakni Inspektur Wilayah IV Kemenkumham RI yang juga Wakil Ketua Tim Penilai Internal Marasidin dan Auditor Madya di Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI yang juga Sekretaris Tim Penilai Internal Doktor Gurning. 

Pada workshop kali ini dibahas berbagai ketentuan terbaru dari Permenpan RB Nomor 90 Tahun 2021 mulai dari Mekanisme Pembangunan ZI, Syarat Pengusulan Satuan Kerja hingga Peran Tim Penilai Internal dalam pembangunan Zona Integritas Menuju WBK / WBBM. 

Selanjutnya dipaparkan juga Hasil Evaluasi Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2021 dimana terdapat berbagai poin catatan evaluasi hasil penilaian dari Tim Penilai Nasional. Terakhir ditutup dengan bagaimana pengisian dan penilaian LKE untuk pencanangan pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2022 sesuai dengan peraturan terbaru. 

#KumhamSemakinPasti

#KanwilKepri

#KemenkumhamRI

IMG 20220309 141816 884IMG 20220309 141816 884IMG 20220309 141816 884IMG 20220309 141816 884


Cetak   E-mail