PANTAU KONDISI KAMTIB, PLT.KAKANWIL MONITORING LPKA BATAM DAN LPP BATAM

Batam,-( sabtu / 12 Maret 2022 ) Plt.Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Ramelan Suprihadi didampingi oleh Ka.Lapas Kelas I Madiun Kunrat Kasmiri yang sebelumnya beliau menjabat sebagai Kabid Pembinaan, Bimbingan dan TI Kanwil Kemenkumham Kepri melakukan monitoring lapangan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Batam  ( LPKA ) dan Lapas Perempuan Batam ( LPP ). 

Kegiatan monitoring ini menjadi rutinitas yang selalu beliau lakukan untuk melihat secara langsung situasi/ kondisi keamanan dan ketertiban dilapas maupun rutan. 

Di wilayah kota Batam sendiri terdapat 4 ( empat) Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan yaitu : Lapas Kelas IIA Batam, Rutan Kelas IIA Batam, LPKA Batam dan LPP Batam dengan jumlah warga binaan yang tidak sedikit. 

Monitoring lapangan ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab pimpinan dikantor wilayah untuk memastikan kondisi keamanan dan ketertiban dilapas / rutan  tetap dalam situasi aman, tertib dan terkendali. Selain itu monitoring ini juga sekaligus dilaksanakan untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi sarana dan prasarana keamanan Lapas / Rutan  jelang bulan puasa ramadhan yang hanya tinggal 3 minggu lagi, sebut Ramelan. 

Lebih lanjut beliau mengungkapkan tentang pentingnya kesiapsiagaan seluruh petugas untuk menghadapi momen puasa ramadhan yang diperkirakan akan dilaksanakan diawal bulan april. 

“ Penting sekali saya sampaikan dan pesankan kepada seluruh jajaran petugas pemasyarakatan untuk lebih optimal dalam mempersiapkan segala sesuatunya di bulan puasa nanti, karena seperti pada tahun tahun sebelumnya akan ada berbagai kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di bulan puasa seperti taraweh, pengajian dan ceramah / siraman rohani. Tentu saja semua kegiatan ini membutuhkan pengawasan ekstra sehingga alangkah baiknya jika dilakukan kerjasama dengan pihak Kepolisian maupun TNI dalam penambahan perbantuan tugas pengamanan “, tuturnya. 

Diujung kunjungannya Ramelan meminta agar diperhatikan pula kondisi bangunan yang ada demi mencegah hal hal yang tidak di inginkan terjadi. 

“ Tak kalah pentingnya, perhatikan kondisi bangunan disekitar kita baik baik blok hunian, pagar, maupun bangunan kantor apabila ada yang telah rusak segera perbaiki dan lakukan pengecekan kelistrikan secara kontiniu untuk mencegah terjadi korsleting arus listrik yang dapat menimbulkan kebakaran “, pintanya. 

Iapun berpesan agar terus dilakukan razia rutin blok hunian demi memastikan tidak ada barang-barang terlarang seperti sajam, Hp, dan narkoba. 

Dalam kunjungannya tersebut dirinya juga mengapresiasi program pembinaan  yang telah dilaksanakan oleh LPP Batam dan LPKA Batam. 

“ Saya sangat mengapresiasi program pembinaan yang telah berjalan bagi warga binaan, khususnya warga binaan LPP Batam. Semoga bekal ilmu ketrampilan yang telah diperoleh disini, akan mampu menjadikan bekal untuk meningkatkan perekonomian warga binaan apabila telah bebas dan kembali ke kehidupan bermasyarakat sehingga tidak lagi mengulangi kesalahan yang mengakibatkan hukuman penjara “, sebutnya. 

Beliau juga menyempatkan diri untuk melihat secara langsung kondisi para warga binaan. Dari pantauan dilapangan dan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Plt.Kakanwil, Warga binaan tampak merasa puas dengan pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh para petugas  baik LPKA maupun LPP. 

 #KumhamSemakinPasti

#KanwilKepri

#KemenkumhamRI 

IMG 20220312 204515 441IMG 20220312 204515 441IMG 20220312 204515 441

 

  

 

  

 

  

 

 


Cetak   E-mail