KAKANWIL KEMENKUMHAM KEPRI MENGAJAK JAJARAN PEMERINTAH DAERAH DI KEPULAUAN RIAU BERPACU MENINGKATKAN CAPAIAN PELAKSANAAN AKSI HAM PEMDA TAHUN 2022

Tanjungpinang-, 16 Agustus 2022. Bertempat di Aula Ismail Saleh, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Aksi HAM Pemerintah Daerah Tahun 2022.

Kegiatan dengan tema "Peningkatan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM Pemerintah Daerah dalam upaya memperoleh Kabupaten/Kota Peduli HAM" ini dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepri Saffar M Godam.

Kakanwil dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota di Kepulauan Riau yang telah melaporkan pelaksanaan Aksi HAM Pemerintah Daerah 2022 melalui Sistem KSP dan berdasarkan capaian Aksi HAM Pemerintah Daerah Periode B.04 Tahun 2022, Kepulauan Riau memperoleh nilai yang rata-rata baik. Beliau berharap jajaran Pemerintah Daerah di Kepulauan Riau terus bekerja keras secara bersama-sama sehingga nilai capaian Pelaporan Pelaksanaan Aksi HAM Pemerintah Daerah Periode B.08 dan B.12 Tahun 2022 terus meningkat dan memperoleh nilai yang terbaik.

Selanjutnya Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kepri Darsyad tidak henti-hentinya mengingatkan kepada jajaran Pemerintah Daerah bahwa Aksi RANHAM ini adalah tanggungjawab Pemerintah dan merupakan bagian dari pelaksanaan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM (P5HAM) di Indonesia. Hal ini diperkuat lagi dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2021-2025.

Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kepulauan Riau melalui Kepala Bidang Perencanaan Pemerintah dan Pembangunan Manusia Nur Aisyah Fatmasari, SE, MM sebagai narasumber menyampaikan materi pedoman pelaksanaan pelaporan Aksi HAM Pemerintah Daerah dan evaluasi terhadap nilai capaian pelaksanaan Aksi HAM Pemerintah Daerah Periode B.04 Tahun 2022 serta persiapan pelaporan Aksi HAM Pemda Periode B.08 dan B.12 Tahun 2022. Sementara itu, Kepala Bidang HAM Kepri Sukiman, SH, MH memberikan Tips & Triks untuk memudahkan bagi Pemerintah Daerah dalam mempersiapkan pemenuhan data dukung periode yang akan datang. Rapat Koordinasi yang dimoderatori oleh Kasubid Pemajuan HAM Kepri Nurmansyah, S.Kom, MH ini diakhiri dengan sesi diskusi dan mendapat antusias yang tinggi dari para peserta.

Rapat Koordinasi ini diikuti oleh seluruh jajaran Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota di Kepulauan Riau yang merupakan Panitia Daerah RANHAM baik yang hadir secara tatap muka maupun yang mengikuti secara daring.

#KumhamSemakinPast
#KanwilKepri
#KemenkumhamRI

HAM 1608 1HAM 1608 1HAM 1608 1


Cetak   E-mail