KADIVIM HADIRI UPACARA PATROLI BERSAMA BAKAMLA TAHUN 2022

Batam,- Kepala Divisi Keimigrasian Morina hadiri kegiatan Upacara Pembukaan Patroli Bersama Badan Keamanan Laut ( Bakamla ) Republik Indonesia ( rabu / 23 Agustus 2022 ).

Upacara dilaksanakan di Dermaga 99 Batu Ampar Batam, bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr.Aan Kurnia.

Tugas Bakamla adalah melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah Yuridiksi Indonesia.

Laksdya TNI Dr.Aan Kurnia dalam sambutannya mengatakan bahwa Patroli Bersama Tahun 2022 ini merupakan gelar patroli pertama yang dilaksanakan dengan dasar Peraturan Pemerintah ( PP ) Nomor 13 Tahun 2022, “ saya berharap dengan adanya patroli ini dapat meningkatkan sinergitas antara Bakamla RI dengan instansi terkait sehingga terciptanya efektifitas dan efisiensi patroli dalam memberikan perlindungan, keamanan, keselamatan dan penegakan hukum diwilayah perairan dan yuridiksi Indonesia “, ucapnya.

Sasaran utama patroli bersama ini antara lain untuk menjaga wilayah laut Indonesia yang sangat luas dari berbagai ancaman dan gangguan keamanan dari berbagai hal, “ keberhasilan pelaksanaan tugas merupakan tanggung jawab kita semua dalam menjaga amanat pemerintah, oleh karena itu sinergitas dengan instansi/ lembaga lainnya ini sangat diperlukan dalam mewujudkan hal tersebut “, ujar Laksdya Aan Kurnia.

Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan 4 hal penting kepada para komandan kapal patroli bersama yaitu: Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, Mewujudkan jati diri sebagai bangsa Indonesia yang memiliki nilai nilai Pancasila, Jaga kekompakan dan selalu berkoordinasi serta bersinergitas dengan instansi lainnya, dan Samakan pola pikir dan pola tindak karena dalam melaksanakan patroli bersama ini adalah demi keamanan bangsa dan negara Indonesia.

“ Laksanakan Patroli Bersama ini dengan baik, jangan ada ego sektoral karena hal tersebut dapat menjadi penghambat didalam menyelesaikan berbagai permasalahan negara terlebih lagi terkait upaya penegakan hukum di laut “, pesannya.

Dalam upacara pembukaan Patroli Bersama Tahun 2022 ino dilakukan gelar pasukan antara lain dari Bakamla, Bea dan Cukai, Polairut, PSDKP, KPLP dan TNI-AL.

Dilakukan juga penandatanganan komitmen bersama dalam kegiatan patroli antara Kakorpolairut, Dirjen Bea dan Cukai, Dirjen PSDKP dan Dirjen KPLP.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKepri
#KemenkumhamRI

KadivIm Bakamla 1KadivIm Bakamla 1KadivIm Bakamla 1


Cetak   E-mail