SELEKSI TERBUKA OPEN BIDDING PEJABAT PELAKSANA DI LINGKUNGAN KANWIL KEPRI

Tanjungpinang,- ( Jum’at / 18 November 2022 ) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Kepulauan Riau menyelenggarakan kegiatan Open Bidding Eselon V untuk mengisi jabatan pelaksana pada satuan kerja baik Imigrasi maupun pemasyarakatan. Sebanyak 27 orang pegawai mengikuti seleksi open bidding yang dilaksanakan di Aula Ismail Saleh dan Ruang Rapat Utama ( Rupatama ) baik secara langsung maupun virtual.

Pada hari pertama ( kamis / 17 November 2022 ) Open Bidding yang dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi ( Kadivmin ) Agung Rektono Seto di lakukan melalui seleski ujian tertulis. Dalam sambutannya Kadivmin menyampaikan, tujuan digelarnya Open Bidding ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi para pegawai yang dipandang cakap , mampu serta memenuhi persyaratan untuk meniti karir sebagai pejabat pelaksana pada satuan kerja.

“ Tujuan utama dari digelarnya seleksi jabatan secara terbuka ini adalah untuk memastikan sumber daya manusia yang nantinya akan menduduki jabatan eselon V telah benar-benar sesuai dengan kebutuhan organisasi, perekrutan juga didasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja individu melalui tahapan ujian tertulis, wawancara serta pemaparan tentang pelaksanaan tugas dan fungsi ASN dilingkungan kerjanya masing-masing “, ujar Kadivmin.

Selanjutnya beliau mengungkapkan Seleksi yang dilaksanakan selama 2 hari ini melibatkan seluruh Pimpinan Tinggi Pratama untuk melakukan seleksi wawancara, “ pada ujian wawancara, para Kepala Divisi akan dilibatkan untuk memastikan bahwa kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki masing-masing peserta sesuai yang dibutuhkan untuk penempatan jabatan pelaksana pada satuan kerja yang masih kosong “ , imbuhnya.

Sedangkan pada tahap ujian pemaparan materi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi yang diemban saat ini, Tim dari Kepegawaian yang dipimpin oleh Kepala Bagian Umum melakukan seleksi melalui pemaparan materi terkait tugas jabatan yang dilaksanakan saat ini oleh peserta seleksi. Dalam hal ini peserta diberi kesempatan untuk memaparkan apa saja tugas pokoknya serta permasalahan yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasi masalah-masalah tersebut.

Kepala Kantor Wilayah Saffar Muhammad Godam secara terpisah mengatakan, seluruh peserta yang ikut dalam konstestasi ini tidak dipungut biaya apapun, hasil yang diperoleh nantinya adalah murni dari kesiapan peserta sendiri untuk ikut seleksi Open Bidding ini.

“ Persiapan peserta yang akan menentukan apakah ia layak untuk di pilih menjadi pejabat eselon V yang akan ditempatkan pada satuan kerja, rangkaian kegiatan seleksi telah sesuai dengan standard yang ada, jadi tidak ada istilahnya sogok menyogok untuk memperoleh jabatan “, tegasnya.

Kakanwil berharap Keterbukaan dalam proses seleksi akan membawa dampak positif bagi kemajuan organisasi karena ASN yang terpilih nantinya telah melalui berapa tahap seleksi yang ketat ” ini menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa dalam pemilihan pejabat pelaksana, Kanwil Kepri telah melaksanakan Merit sistem yaitu berupa kebijakan/program pengembangan karier berdasarkan hasil pemetaan talenta melalui assessment, analisis kesenjangan kompetensi dan kesenjangan kinerja, talent pool, dan rencana suksesi berdasarkan pola karier instansi “, pungkasnya.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKemenkumhamKepri
#KemenkumhamRI
#YasonnaLaoly
#KakanwilKemenkumhamKepri
#SaffarMGodam
#KanwilKepriWBK

 

openBidding 01openBidding 01openBidding 01


Cetak   E-mail