KOMITMEN PEMENUHAN HAK ASASI MANUSIA DI WILAYAH, KANWIL DAN PEMERINTAH PROVINSI KEPULAUAN RIAU RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI PEMBINA KABUPATEN/KOTA PEDULI HAM TAHUN 2022 OLEH MENTERI HUKUM DAN HAM RI

Tanjungpinang-, 12 Desember 2022. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau menerima Penghargaan Sebagai Pembina Kabupaten/Kota Peduli HAM dalam acara Puncak Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-74 Tahun 2022, dengan mengambil tema “Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang”; Advancing Human Rights for Everyone, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM RI. 

Penganugerahaan kali ini merupakan penilaian terhadap upaya kantor wilayah dapat memotivasi pemerintah daerah kabupaten/kota untuk meningkatkan tanggung jawab dan mengembangkan sinergitas organisasi perangkat daerah dan instansi vertikal dan instansi terkait di daerah melaksanakan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM, Kanwil Kepulauan Riau dianggap mampu karena lima dari tujuh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau berhasil mendapatkan prediket sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM adapun lima Kabupeten/Kota tersebut ialah Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Karimun, Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang, sesuai dengan yang di persyaratkan apabila 60 % Kabupaten/Kota memperoleh prediket Kabupaten/Kota Peduli HAM maka  Kantor Wilayah dan Pemerintah Provinsi mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia. 

Selain itu Provinsi Kepulauan Riau juga mendapatkan Penghargaan Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia melalui Unit Pelayanan Teknis Daerah Pengelolaan Pendapatan Daerah Batam Centre Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kepulauan Riau atau yang lebih dikenal dengan SAMSAT Batam Centre karena telah memberikan pelayanan public berbasis HAM dengan inovasi dan kemudahan kepada kelompok prioritas maupun disabilitas, semoga kedepan semua kantor pelayanan milik pemerintah yang ada di wilayah kepri juga dapat melakukan hal yang sama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya kelompok prioritas dan disabilitas. 

Hadir menerima penganugerahan Kepala Kantor Wilayah Muhammad Safar Godam di dampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Darsyad dan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad beserta  Bupati, Wali kota dan Kepala UPTD Samsat Batam Centre, semua hasil yang dicapai adalah buah kerjasama yang telah berjalan selama ini dengan baik antara Kantor Wilayah dan Pemerintah Provinsi  dan Kabupaten/Kota. 

"Alhamdulillah, buah dari sinergitas yang baik dan kontiniu dalam Pemenuhan Hak Asasi Manusia di wilayah Kepulauan Riau semoga penghargaan ini memacu kita untuk lebih meningkatkan lagi Pelayanan dan Kepedulian kita dalam pemenuhan HAM” ungkapnya. 

Diselenggarakan di Sultan Hotel dan Residence Jakarta, kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM RI dan dihadiri oleh seluruh Kakanwil se Indonesia dan Gubernur, Bupati, Walikota pimpinan pemerintah daerah maupun instansi vertikal yang ada di lingkungan Provinsi Kepulauan Riau. 

Selain dihadiri secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, kegiatan kali ini dihadiri juga oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, beliau berkesempatan memberikan sambutan nya dimana beliau berujar bahwa Peringatan Hari HAM Sedunia merupakan momen reflektif bagi seluruh negara dan bangsa dalam menghormati dan memajukan hak asasi manusia secara universal. Hak Asasi Manusia sejatinya tumbuh bersama dengan keadaban suatu bangsa. Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia berarti menjunjung tinggi peradaban. 

“ Indonesia memiliki visi untuk mewujudkan pembangunan yang inklusif, berimbang dan berkelanjutan, di mana manusia adalah pusatnya. Pembangunan infrastruktur mesti kita dedikasikan sebagai prasarana pemenuhan hak asasi manusia yang menjamin keterjangkauan hak mobilitas, hak kesehatan, hak pangan dan hak kebutuhan dasar yang merata.” Ujarnya 

Wakil Presiden RI menggarisbawahi segala capaian yang telah kita raih dalam pemajuan HAM, tidak membuat kita puas sampai di titik ini saja, melainkan menjadi batu loncatan untuk menggapai sasaran yang lebih tinggi lagi dalam rangka pemenuhan HAM bagi seluruh masyarakat Indonesia. “Pemerintah Indonesia selalu berkomitmen untuk menghormati, melindungi, memenuhi, menegakkan, dan memajukan hak asasi manusia di bumi Indonesia tercinta, “ pungkasnya. 

#KumhamSemakinPasti

#KanwilKemenkumhamKepri

#KemenkumhamRI

#YasonnaLaoly

#KakanwilKemenkumhamKepri

#SaffarMGodam

#KanwilKepriPeduliHAM

FB IMG 1670894484836FB IMG 1670894484836FB IMG 1670894484836FB IMG 1670894484836


Cetak   E-mail