JELANG NATARU, KAKANWIL PIMPIN APEL SIAGA PETUGAS PEMASYARAKATAN

Batam,- ( jum’at / 23 desember 2022 ) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Saffar M.Godam pimpin Apel Siaga petugas pemasyarakatan  menyambut perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Kegiatan dipusatkan di Lapas Kelas IIA Batam dan diikuti oleh petugas dari Rutan Kelas IIA Batam, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas IIA ( LPKA ) Batam, dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Batam.

Apel Siaga ini menjadi penegasan serta komitmen jajaran pemasyarakatan untuk siap siaga dan waspada dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban (kamtib) didalam Lapas maupun Rutan agar tetap kondusif selama perayaan Nataru.

Dalam amanatnya, Saffar menyampaikan pentingnya dilaksanakan kegiatan Apel Siaga ini sebagai wujud mendukung upaya pemerintah menciptakan perayaan Nataru yang kondusif, tertib dan aman pada seluruh sektor kehidupan baik masyarakat maupun pemerintahan terlebih di Lapas/Rutan yang cukup berpotensi untuk terjadinya gangguan kamtib.

“ Euphoria perayaan Nataru di dalam Lapas maupun Rutan harus kita antisipasi dengan baik, terlebih lagi kondisi psikologis warga binaan yang tidak dapat merayakan Nataru bersama keluarganya, sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab sehingga memicu konflik dan kerusuhan di Lapas/Rutan. Hal inilah yang harus kita antisipasi dengan melakukan deteksi dini dan meminimalisir segala potensi konflik tersebut dengan meningkatkan fungsi intelijen, melaksanakan razia rutin serta meningkatkan kerjasama pengamanan dengan aparat kepolisian maupun TNI “, ujar Saffar.

Penerapan Standard Operasional Prosedure (SOP) yang benar dalam menjalankan tugas turut menjadi sorotan Kakanwil dalam amanatnya pada apel siaga tersebut, menurutnya SOP pelaksanaan tugas pengamanan dan pengawasan warga binaan yang telah dibuat oleh Ditjen Pemasyarakatan merupakan ujung tombak bagi petugas pemasyarakatan dalam menjalankan tugas dan fungsi yang diemban.

“ Terapkan SOP dengan benar, karena banyak peristiwa perkelahian hingga kerusuhan yang terjadi diberbagai Lapas dan Rutan  sebagian besar disebabkan oleh kelalaian petugas karena tidak menerapkan SOP dengan baik dan benar, untuk itu sekali lagi saya ingatkan agar rekan-rekan semua dapat memahami dan menjalankan segala aturan  yang sudah ada didalam SOP tersebut “, imbuh Kakanwil.

Selain itu, antisipasi berbagai kejadian kontijensi/darurat/ unpredictable juga menjadi atensi khusus Kakanwil kali ini.

“ Potensi kerawanan yang patut kita waspadai dan antisipasi selanjutnya adalah kejadian seperti korsleting arus listrik yang dapat menimbulkan kebakaran, warga binaan melarikan diri, dan lain sebagainya harus mampu kita petakan dengan baik sehingga hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi dapat kita hindari “, pesannya.

Beliau juga meminta untuk dilakukan pemeriksaan secara ketat pada baik saat besukan maupun penitipan barang warga binaan.

Terakhir ia berharap dengan gelaran apel siaga ini, pelaksanaan Natal dan Tahun Baru dilingkungan pemasyarakatan dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan yang berarti.

“ Dengan tidak adanya gangguan kamtib saat perayaan Natal dan Tahun baru di lingkungan Lapas maupun Rutan nantinya, menunjukkan bahwa apa yang telah saya sampaikan dalam amanat pada pagi ini telah dijalankan dengan baik oleh rekan-rekan dilapangan “, pungkas Kakanwil.

Usai Apel Siaga , kegiatan dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti hasil razia blok hunian warga binaan oleh Kakanwil bersama dengan Kepala Divisi Pemasyarakatan serta para Ka.UPT Pemasyarakatan se-kota Batam.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKemenkumhamKepri
#KemenkumhamRI
#YasonnaLaoly
#KakanwilKemenkumhamKepri
#SaffarMGodam
#KanwilKepriWBK

Apel Nataru Batam 1


Cetak   E-mail