KANWIL KUMHAM KEPRI MENDORONG PENINGKATAN PERMOHONAN PENDAFTARAN DAN PENCATATAN KEKAYAAN INTELEKTUAL DI KABUPATEN KARIMUN

Tanjung Balai Karimun-, 25 Januari 2023. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau berkunjung ke beberapa dinas yang ada di Pemerintah Kabupaten Karimun dalam rangka silaturahmi sekaligus koordinasi untuk mendorong peningkatan permohonan pendaftaran dan pencatatan Kekayaan Intelektual di Kabupaten Karimun.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Audiensi bersama Bupati Karimun Aunur Rafiq yang telah dilakukan oleh Kanwil Kumham Kepri melalui Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Sasmita beserta jajaran tanggal 24 Januari 2023.

Kegiatan ini diawali dengan berkunjung ke Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Karimun yang disambut baik oleh Sekretaris Dinas Ery Novaljadinata, S.STP, M.M.P dan Kepala Bidang Perdagangan Yuda Saputra serta Tim Sentra Kekayaan Intelektual Pemerintah Kabupaten Karimun.

Pada kesempatan ini Kepala Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual Nurmansyah berharap adanya peningkatan sinergitas dan penguatan Sentra KI Pemerintah Kabupaten Karimun yang sudah terbentuk melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) sejak Tahun 2021. Kanwil Kumham Kepri terus mendorong Sentra KI Pemerintah Karimun dapat berperan lebih aktif dalam menerima pendaftaran permohonan Kekayaan Intelektual baik Merek, Hak Cipta, Desain Industri, Paten, Rahasia Dagang dan DTLST, serta menggali potensi Indikasi Geografis yang mungkin ada di Kabupaten Karimun.

Disamping itu juga disampaikan bahwa Tahun 2023 merupakan Tahun Merek dan salah satu program unggulan DJKI yaitu “One Village One Brand” dapat terwujud di desa-desa yang ada di Kabupaten Karimun.

Selanjutnya Tim KI Kumham Kepri melakukan kunjungan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karimun dalam upaya menginventarisasi potensi Kekayaan Intelektual Komunal (KI Komunal) yang belum didaftarkan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) seperti Ekspresi Budaya Tradisional (EBT) dan Pengetahuan Tradisional (PT) yang dimiliki oleh Kabupaten Karimun. Tim KI Kumham Kepri bertemu langsung Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karimun Husin, S.pd, M.MPd dan Kepala Bidang Kebudayaan Khairita beserta jajarannya.

Kegiatan diakhiri dengan berkunjung ke Dinas Pariwisata Karimun dalam rangka memperoleh informasi terkait Event pariwisata yang ada di Kabupaten Karimun. Tim KI Kumham Kepri bertemu dengan Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Karimun Ahadian Z.  Kedepan diharapkan setiap Event Pariwisata harus dapat menampilkan produk-produk Kekayaan Intelektual yang sudah memperoleh Sertifikat HaKI untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKemenkumhamKepri
#KemenkumhamRI
#YasonnaLaoly
#KakanwilKemenkumhamKepri
#SaffarMGodam
#KanwilKepriWBK

KI Karimun 1KI Karimun 1KI Karimun 1KI Karimun 1


Cetak   E-mail