BERSIAP MENUJU KEANGGOTAN INDONESIA DALAM PUTARAN SIDANG FATF DI PARIS, KANWIL KEPRI KOMITMEN PERCEPAT AUDIT PMPJ NOTARIS BERESIKO TINGGI

WhatsApp Image 2023 04 16 at 09.55.54

Karimun-, FATF adalah organisasi internasional yang fokus pada upaya global dalam pemberantasan pencucian uang, pendanaan terorisme dan pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal. Saat ini Indonesia merupakan satu-satunya dari negara G20 yang belum mendapatkan keanggotaan penuh FATF, dan masih berstatus sebagai negara observer.

Mengingat pentingnya keanggotaan FATF ini bagi Indonesia, pemerintah terus berupaya menyiapkan berbagai langkah guna memperoleh status keanggotaan penuh (full membership), dengan berkomitmen melaksanakan Action Plan agar dapat memperoleh hasil penilaian Mutual Evaluation Review (MER) FATF dengan hasil memuaskan (Satisfactory) pada putaran sidang FATF bulan Juni 2023 nanti.

Sebagai bentuk komitmen Kantor Wilayah Kepri dalam mendukung upaya lolosnya Indonesia sebagai anggota FATF tersebut, dilakukan percepatan pelaksanaan Audit Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (PMPJ) Terhadap Notaris di wilayah Kepri. Audit secara marathon ini khusus dilakukan terhadap Notaris-Notaris, yang berdasarkan hasil analisa kuisioner ditetapkan sebagai Notaris beresiko tinggi.

Selama proses audit berlangsung, Notaris menjelaskan kepada tim auditor tentang penerapan PMPJ di kantor masing-masing dengan mengidentifikasi pengguna jasa sebagai orang-perorangan, korporasi atau legal arrangement, alur pelaporan Transaksi Keuangan Mencurigakan (LTKM) melalui aplikasi Go-AML, pengendalian internal, hingga mitigasi resiko APU PPT.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKemenkumhamKepri
#KemenkumhamRI
#YasonnaLaoly
#KakanwilKemenkumhamKepri
#SaffarMGodam
#KanwilKepriWBK

WhatsApp Image 2023 04 16 at 09.55.54 1

 


Cetak   E-mail