KANWIL KEMENKUMHAM KEPRI SELENGGARAKAN DISEMINASI LAYANAN APOSTILLE TAHUN 2023 DI KOTA TANJUNGPINANG

WhatsApp Image 2023 05 10 at 09.36.32

Tanjungpinang-, 09 Mei 2023. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Layanan Apostille bertempat di Hotel CK Tanjungpinang.

Kegiatan Diseminasi Layanan Apostille kali ini mengusung tema "Apostille Satu Pintu, Satu Langkah Untuk Seluruh Dunia" dengan tujuan untuk menyebarluaskan informasi dan penguatan pemahaman terkait Layanan Legalisasi dan Apostille di Provinsi Kepulauan Riau.

Peserta kegiatan ini berjumlah 70 orang, terdiri dari unsur Notaris, Instansi Vertikal, Aparat Penegak Hukum, Akademisi, Mahasiswa, Badan Usaha, Camat, Lurah, KUA, dan instansi terkait yang ada di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Kegiatan kali ini dibuka oleh Plh. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Hot M. Silitonga, beliau menyampaikan bahwa melalui Layanan Apostille Kemenkumham memberikan kemudahan berusaha bagi masyarakat, iklim investasi yang kondusif, dan memenuhi kebutuhan aktifitas lintas batas masyarakat.

"Melalui Apostille, tahapan legalisasi yang semula 5 tahap dipangkas termasuk persyaratan legalisasi diplomatik dan konsuler di Negara tujuan, menjadi 1 tahap saja yaitu penerbitan sertifikat Apostille." ungkapnya.

Per tanggal 4 Juni 2022, Indonesia telah memasuki era baru legalisasi dokumen publik melalui launching aplikasi Layanan Apostille, yang berlaku terhadap 66 jenis dokumen publik yang diterbitkan oleh 12 institusi. Apostille merupakan satu-satunya formalitas yang disyaratkan untuk mengesahkan keaslian tanda tangan, kewenangan yang dilaksanakan oleh penandatangan, serta cap melalui penerbitan Sertifikat Apostille.

Kegiatan kali ini pun menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yakni Subkoordinator Hukum Ekonomi dan Lembaga Internasional Direktur OPHI Ditjen AHU Dyan Faizal, Analis Kebijakan Ahli Muda Kementerian Dalam Negeri Mudadi dan Lektor pada Univeristas Maritim Raja Ali Haji Lia Nuraini.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKemenkumhamKepri
#KemenkumhamRI
#YasonnaLaoly
#KakanwilKemenkumhamKepri
#SaffarMGodam
#KanwilKepriWBK

WhatsApp Image 2023 05 10 at 09.36.55WhatsApp Image 2023 05 10 at 09.36.55WhatsApp Image 2023 05 10 at 09.36.55WhatsApp Image 2023 05 10 at 09.36.55


Cetak   E-mail