KOMITMEN RAIH PREDIKAT WBK, TIM POKJA WBK/WBBM KANWIL KEMENKUMHAM KEPRI STUDI TIRU KE KANWIL BALI

IMG 20230515 WA0021

Bali,-(senin/15 April 2023) Tim Pokja WBK/WBBM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepuluan Riau lakukan kunjungan kerja ke Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali. Kunjungan kerja ini adalah dalam rangka untuk melakukan Studi Tiru Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang telah dilaksanakan oleh Kanwil Bali, Kanwil Bali sendiri telah berhasil meraih predikat WBK pada tahun 2021 yang lalu.

Predikat WBK diberikan kepada Satuan Kerja (satker) yang memenuhi sebagian besar 6 area perubahan dan berkomitmen penuh untuk pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pelaksanaan reformasi birokrasi.

Diterima langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu, Kepala Divisi Keimigrasian Kepulauan Riau Morina Harahap, menyampaikan salam hangat dari Kepala Kantor Wilayah Kepulauan Riau Saffar M Godam yang saat kunjungan studi tiru ini sedang berada diluar kota untuk mengikuti berbagai kegiatan Kantor Wilayah.

Selanjutnya ia menerangkan bahwa kunjungan studi tiru ini bertujuan untuk melihat secara langsung bagaimana proses pembangunan zona integritas di Kanwil Bali baik dari segi sarana/prasarana maupun kelengkapan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) sebagai data dukung yang telah diupload kedalam aplikasi erb.kemenkumham.

“ Ini adalah kesempatan yang baik untuk menimba ilmu yang sebanyak-banyaknya dari Tim Pokja WBK/WBBM kanwil Bali, baik melalui LKE maupun penyediaan kelengkapan sarana/prasarana pendukung layanan publik yang baik, harapan kami tentunya Bapak Kakanwil beserta jajaran berkenan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan berbagai hal teknis yang dibutuhkan agar sepulangnya kami dari Kanwil Bali hal tersebut dapat kami terapkan di Kanwil Kepri dalam upaya raih predikat WBK”, sebut Morina.

Lebih lanjut Morina mengungkapkan Kanwil Kepri  memiliki 21 satuan kerja yang terdiri dari 9 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Imigrasi, 11 UPT Pemasyarakatan dan 1 UPT Badiklat dimana baru 3 UPT yang berhasil raih predikat WBK, “ dari semua UPT, 3 UPT telah raih predikat WBK yaitu Kanim Batam, Rutan Tanjung Balai Karimun dan Rutan Tanjungpinang sehingga output dari studi tiru ini akan pula kami terapkan ke UPT sebagai bahan pembanding untuk peningkatan kualitas pembangunan zona integritas WBK/WBBM”, ujarnya.

Kakanwil Bali Anggiat Napitupulu menyambut baik kunjungan dari Tim Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Kanwil Kepulauan Riau. Dirinya berharap kunjungan Studi Tiru yang dilakukan dapat dijadikan sebagai percontohan terkait pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM.

“Saya berharap kegiatan studi tiru ini akan membawa manfaat dan dapat dijadikan sebagai ajang untuk saling berbagi ilmu pengetahuan serta pengalaman dalam upaya untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas dalam pelaksanaan reformasi birokrasi melalui pembangunan zona integritas. Tentu ada ilmu-ilmu yang dapat diterapkan dari studi tiru ini nantinya dalam upaya raih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi”, ujarnya.

Selanjutnya Kakanwil menyampaikan bahwa inovasi unggulan dari Kanwil Bali yang telah dijalankan dan terus dikembangkan adalah terkait pelayanan langsung ke masyarakat yaitu Pos Yankumhamdes, hal ini disebabkan karena Bali merupakan satu satunya provinsi yang memiliki desa adat yang diakui baik secara hukum maupun secara struktural sehingga tidak ada pelayanan ke masyarakat yang tidak bersentuhan dengan adat, terang Kakanwil.

Beliau juga memberikan masukan agar jajaran Kanwil Kepri mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, “memberikan pelayanan salah satunya adalah dengan membuat sebuah inovasi bukan berarti inovasi tersebut harus mampu memecahkan permasalahan yang besar, akan tetapi inovasi itu harus dapat langsung dirasakan manfaatnya baik oleh masyarakat maupun stake holder terkait”, imbuh Kakanwil.

Usai pertemuan yang dilaksanakan di aula Dharmawangsa, kegiatan Studi Tiru ini dilanjutkan dengan melihat secara langsung sarana/prasarana layanan publik yang ada di Kanwil Bali.

Dalam kesempatan tersebut Tim Pokja WBK/WBBM Kanwil Bali menjelaskan terkait inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Kanwil Bali sehingga mampu raih predikat WBK pada tahun 2021 lalu.

Salah satunya adalah inovasi dibidang pelayanan dimana pada ruang pelayanan terdapat counter pelayanan dari Divisi Pemasyarakatan, Divisi Pelayanan Hukum dan Ham serta Divisi Keimigrasian.

#KumhamSemakinPasti
#KanwilKemenkumhamKepri
#KemenkumhamRI
#YasonnaLaoly
#KakanwilKemenkumhamKepri
#SaffarMGodam
#KanwilKepriWBK

IMG 20230515 WA0027IMG 20230515 WA0027IMG 20230515 WA0027IMG 20230515 WA0027IMG 20230515 WA0027IMG 20230515 WA0027


Cetak   E-mail