RESMIKAN SARANA ASIMILASI EDUKASI WARGA BINAAN RUTAN TANJUNG BALAI KARIMUN, KAKANWIL HARAPKAN AKAN JADI PROGRAM UNGGULAN PEMBINAAN KEMANDIRIAN

WhatsApp Image 2024 03 27 at 6.53.34 PM

 

Tanjung Balai Karimun (27/03)-, Sejalan dengan rangkaian kegiatan Safari Ramadhan di Kabupaten Tanjung Balai Karimun, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Surya Mataram, yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Dwinastiti dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sasmita meresmikan Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) di Lingkungan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanjung Balai Karimun.

Kegiatan Peresmian Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) Rutan Kelas IIB Tanjung Balai Karimun ditandai dengan Pemotongan Pita dan Penandatanganan Prasasti oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Surya Mataram.

 Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) merupakan program pembinaan tahap akhir bagi seorang Warga Binaan Pemasyarakatan menjelang bebas. Program tersebut merupakan fundamental serta representasi dari gerakan Resolusi Pemasyarakatan yang merupakan salah satu proses pembinaan bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan sehingga bisa bersosialisasi guna mempersiapkan diri kembali berbaur dengan masyarakat dan keluarga.

 Kakanwil Kemenkumham Kepri berharap dengan adanya SAE di Rutan Kelas IIB Tanjung Balai Karimun dapat memberikan manfaat edukasi yang nyata kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan penghuni Rutan Kelas IIB Tanjung Balai Karimun.

 “Saya berharap dengan dibukanya sarana asimilasi dan edukasi ini diharapkan warga binaan pemasyarakatan dapat meningkatkan kreatifitas dan skill agar menjadi bekal saat bebas nanti, mereka (WBP) melakukan kesalahan dan mereka disini menjalani hukuman, namun bukan berarti kehidupan di Rutan hanya dijalani dengan makan dan tidur saja, tetapi mereka di beri Pendidikan serta pembinaan kemandirian untuk itu dukungan harus kita berikan agar kelak setiap Warga Binaan bisa membuktikan diri dan berkontribusi kepada masyarakat serta Negara dengan karya”, begitu harapan Kakanwil Kemenkumham Kepri Surya Mataram menyampaikan kepada seluruh rombongan safari Ramadhan.

Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) ini telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran kemandirian bagi Warga Binaan seperti perkebunan dan perikanan. Dalam kesempatan ini Kakanwil juga secara simbolis melakukan Penanaman Bibit Cabai dan melakukan pelepasan bibit ikan nila dan Bawal.

Selain itu Kakanwil melihat hasil karya potret dirinya pada pojok kreatif yang merupakan inovasi dari Kepala Rutan Tanjung Balai Karimun, sebagai salah satu workshop karya warga binaan Pemasyarakatan pada Rutan Tanjung Balai Karimun.


Cetak   E-mail