WORKSHOP SAKIP, KOMITMEN KANWIL KUMHAM KEPRI TINGKATKAN CAPAIAN KINERJA

Tanjungpinang,- (Rabu/24 April 2024) SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Saat ini hasil penilaian evaluasi atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kemenkumham oleh Menpan RB mengalami kenaikan dari 77,54 di tahun 2022 menjadi 77,89 dengan predikat BB. Hal tersebut harus menjadi catatan bagi Kementerian Hukum dan HAM bahwa Implementasi SAKIP perlu ditingkatkan.

Menyikapi hal ini, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau melalui Sub Bagian Program dan Pelaporan menyelanggarakan kegiatan Workshop SAKIP yang diikuti oleh operator SAKIP Satuan Kerja di Lingkungan Kanwil Kepulauan Riau dengan menghadirkan narasumber dari Biro Perencanaan yaitu Perencana Ahli Muda Widi Sutresna.

Menurut Kasubag Program dan Pelaporan Pratiwi Rahayu dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan SAKIP tersebut, dirinya mengatakan bahwa secara umum, SAKIP mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, yaitu sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan, mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi, mendesain program dan kegiatan serta dapat digunakan dalam dasar pemberian reward maupun punishment dan juga sebagai alat ukur dalam pencapaian kinerja yang telah dilaksanakan.

“Peningkatan Pencapaian Kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil adalah salah satu yang harus kita lakukan sebagai Komitmen dan secara konsisten mewujudkan capaian kinerja untuk meningkatkan kualitas kinerja dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau”, ujar Pratiwi.

Lebih lanjut Pratiwi mengingatkan kembali bahwa pada tahun 2024 ini Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM menargetkan Nilai SAKIP Kementerian Hukum dan HAM Memperoleh Predikat A (Memuaskan), sehingga diharapkan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan Workshop SAKIP ini dengan bersungguh-sungguh, “melalui kegiatan ini diharapkan agar seluruh peserta dapat meningkatkan pemahaman implemetasi SAKIP dengan baik serta berkomitmen meningkatkan implementasi SAKIP dalam upaya mewujudkan capaian kinerja yang berorientasi hasil ”, pesannya.

Pelaksanaan Workshop SAKIP ini diselenggarakan dari tanggal 24 s.d 26 April 2024 di aula Ismail Saleh Kantor Wilayah Kepulauan Riau.

 

IMG 20240424 WA0051IMG 20240424 WA0051IMG 20240424 WA0051IMG 20240424 WA0051IMG 20240424 WA0051


Cetak   E-mail