INGATKAN 3 KUNCI PEMASYARAKATAN MAJU DAN BACK TO BASIC, IRWIL I KUNJUNGI LAPAS BATAM

Batam, 24 April 2024 – Melanjutkan dari kunjungan kerja sebelumnya, Inspektur Wilayah (Irwil) I, Ika Yusanti didampingi oleh Kepala Divisi Adminstrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepri (Kanwil Kemenkumham Kepri), Kaswo kunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam. Kunjungan ini disambut hangat oleh Kepala Lapas Kelas IIA Batam, Heri Kusrita beserta jajaran. Kunjungan kali ini bertujuan untuk meninjau sarana dan prasarana serta kesiapan Lapas Kelas IIA Batam pada pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi.

Ika Yusanti juga menegaskan agar Kepala Lapas Kelas IIA Batam beserta jajaran untuk berpegang teguh pada 3 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basic untuk menuju Pemasyarakatan PASTI. Aspek 3 Kunci Pemasyarakatan Maju yakni dengan melakukan deteksi dini, berperan aktif dalam pemberantasan peredaran narkoba, serta senantiasa membangun sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

“Tetap jalankan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basic. Back to basic bermakna agar kembali implementasikan prinsip-prinsip dasar Pemasyarakatan. Ikuti pertaturan yang telah ditetapkan dan juga berpegang teguh pada kode etik petugas Pemasyarakatan.” tambahnya.

Ika Yusanti juga menegaskan bahwa peran Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM bukan hanya untuk audit melainkan menjadi quality assurance yang menjamin kualitas administratif perkantoran maupun pelayanan publik pada satuan kerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Kemenkumham. Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM juga sebagai “early Warning System” atau sebagai pencegahan penyimpangan-penyimpangan yang berpotensi terjadi pada tata kelola pemerintahan.  Ika Yusanti juga menambahkan agar Kepala Lapas Kelas IIA Batam beserta jajaran agar selalu taat pada peraturan-peraturan yang berlaku terkait dengan pelaksanakan tugas dan fungsi Pemasyarakatan dan pengelolaan keuangan.

Melanjutkan arahan dari Irwil I, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kepri, Kaswo menambahkan agar secara berkesinambungan memperbaiki kinerja. “Perbaiki kekurangan pada satuan kerja dan mari bersama laksanakan masukan dan saran hasil diskusi bersama dengan Irwil I demi mencapai tujuan bersama”. Tambahnya.

Irwil juga menyoroti terhadap kebersihan dilingkungan satuan kerja. Dengan linkungan kerja yang bersih akan memperoleh beberapa manfaat antara lain membuat bekerja lebih nyaman, lebih sehat dan mengurangi stress. Tim humas Lapas Kelas IIA Batam juga harus tanggap terhadap berita-berita yang beredar terlebih lagi berita yang belum jelas kebenarannya. Tim humas hendaknya dapat melakukan langkah-langkah preventif agar berita yang tidak baik terkait satuan kerja menjadi viral dan dapat merusak citra satuan kerja di masyarakat.

 

2.JPG3.JPG1.png


Cetak   E-mail